Butuh Dana Berapa Mudik Jakarta ke Surabaya Via Tol?

butuh-dana-berapa-mudik-jakarta-ke-surabaya-via-tol . (Ilustrasi/net)

PINDAINEWS - Ramadan sudah sepuluh hari berjalan, sebentar lagi akan banyak perantau yang melakukan mudik ke kampung halaman.

Tentunya, mudik perlu persiapan matang, khususnya dari sisi budget. Meski saat ini sudah dimudahkan dengan adanya jalan tol, tapi biayanya juga tidak murah.

Yuk berhitung, kira-kira berapa dana yang dibutuhkan untuk mudik via tol Trans Jawa? Menurut data BPJT, tarif Tol Trans Jawa dari Jakarta ke Surabaya sebesar Rp 675.500. Bila dihitung pulang-pergi, maka saldo yang dibutuhkan di kartu elektronik untuk tol sebesar Rp 1.351.000.


Baca Juga: Mudik Lebaran Pakai Mobil Pribadi, Cek Tarif Tol Trans Jawa di Sini!



Jarak yang harus ditempuh dari Jakarta ke Surabaya via tol Trans Jawa adalah 759,61 km. Artinya, si mobil harus menenggak setidaknya 76 liter BBM.

Nah, bila kendaraan itu menggunakan BBM Pertamax seharga Rp 10.400/liter, uang BBM yang harus disediakan sekitar Rp 790.400. Sehingga total uang bensin pulang pergi sekitar Rp 1.580.800.

Bila dihitung untuk ongkos tol dan bensin harus disiapkan dana sekitar Rp 2.931.800. Itu belum termasuk pengeluaran tak terduga jika mampir di rest area.


Editor: Daddy Mulyanto

Komentar