Robert Ungkap Alasan Rekomendasikan Liestiadi Jadi Pelatih Persib B

robert-ungkap-alasan-rekomendasikan-liestiadi-jadi-pelatih-persib-b Robert Alberts. (Dok PINDAINEWS)

PINDAINEWS, Bandung - Ada peran Robert Alberts dalam penunjukkan Liestiadi sebagai pelatih kepala Persib B. Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahyono, mengungkapkan itu.

Ditunjuknya Liestiadi sebagai arsitek tim aliansi Maung Bandung kata Teddy, merupakan rekomendasi dari Robert yang tak lain pelatih kepala tim utama Persib.

"Pelatihnya Liestiadi. Itu atas rekomendasi dari Robert Alberts. Untuk asistennya nanti biar pelatih yang memilih, kemungkinan besar asisten pelatihnya para legenda Persib," kata Teddy.

Robert sendiri tak menampik bila memang dirinyalah yang merekomendasikan Liestiadi untuk menjadi pelatih Persib B. Bukan tanpa alasan, karena Robert sudah tahu betul bagaimana sepak terjang Liestiadi.

Maklum, keduanya memang punya hubungan yang dekat lantaran pernah bekerjasama menangani tim dalam waktu yang cukup lama. Liestiadi pernah menjadi asisten Robert di Arema Indonesia pada musim 2009/10.

Pelatih asal Medan itu juga turut membantu Robert untuk membawa Singo Edan juara Liga Super Indonesia (LSI) musim tersebut. Saat Robert pindah ke PSM Makassar, semusim kemudian, Liestiadi masih setia menjadi asisten Robert.

Di awal musim 2011/12, keduanya berpisah. Robert melanjutkan karier di Malaysia bersama Sarawak FA sementara Liestiadi menjadi asisten Wim Rijsbergen di Timnas Indonesia.  

"Manajemen Persib mempunyai beberapa kandidat dan bersama-sama kami berdiskusi menentukan pilihan. Saya mengenal Liestiadi karena dia pernah bekerja bersama di Arema dan Makassar dan pernah berada di Timnas," terang pelatih asal Belanda itu.

Selain itu, Robert menilai Liestiadi punya pengalaman yang bagus dalam dunia kepelatihan. Banyak klub besar ia tangani seperti Persiba Balikpapan hingga Persipura Jayapura.

Selain itu, karena sudah pernah bekerjasama dalam kurun waktu yang lama, Robert pun menilai Liestiadi memiliki kesamaan visi dan misi dengan dirinya. Sebab biar bagaimana, Persib B adalah kepanjangan tangan dari proses pembinaan pesepakbola muda Persib. Oleh karena itu, kedua kesebelasan haruslah memiliki visi dan misi yang selaras.

"Dia adalah pelatih yang saya rasa bisa membangun pemain dengan baik dan tim Bandung B akan menjadi tim yang bisa mengembangkan pemain muda atau mereka yang belum mendapat cukup waktu dalam bermain."

"Kami punya tempat untuk pemain berkembang dan itu sangat positif, sangat baik dan Liestiadi adalah pelatih yang bisa melakukan itu," pungkas Robert.

Editor: Daddy Mulyanto

Komentar