Selama Mudik Angka Kriminalitas di Jawa Barat Menurun

selama-mudik-angka-kriminalitas-di-jawa-barat-menurun Ilustrasi. (Net)

PINDAINEWS, Bandung  - Dalam Ops Ketupat 2019 ini, wilayah hukum Polda Jabar mengklaim angka kriminalitas menurun dibanding periode sebelumnya.

Pada musim mudik tahun ini, kejadian mencapai 67 kasus sedangkan tahun lalu pada periode waktu yang sama jumlah kejadian mencapai 91 kasus.

"Tindak pidana yang terjadi secara umum mengalami penurunan sebesar 24 kasus atau turun 26 persen," ucap Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, Rabu (12/6/2019), di Bandung.

Truno menuturkan, 13 hari sebelum dimulainya Ops Ketupat, angka kejahatan di sejumlah daerah di Jabar mencapai 474 kasus. Sedangkan saat operasi berlangsung selama 13 hari, jumlah kejadian menurun menjadi 170 kasus.

"Seluruh kekuatan dikerahkan guna memberikan pelayanan kepada masyarakat," kata Truno.

Adapun ada beberapa jenis kejahatan yang terjadi selama musim mudik 2019 ini mulai dari pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pembunuhan dan penganiayaan berat.

Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi (annev) Polda Jabar, kasus curanmor masih mendominasi dengan jumlah kasus mencapai 23 kejadian disusul curat 20 kejadian dan penganiayaan berat 14 kejadian. "Kasus pencurian disertai kekerasan tercatat ada lima kejadian. Ada dua kejadian pembunuhan juga," kata Truno.



Editor: Gin gin Tigin Ginulur

Komentar