Ini Dia Kunci Sukses Juhana Jadi Juara Latte Art Throwdown

ini-dia-kunci-sukses-juhana-jadi-juara-latte-art-throwdown Juhana Saputra. (Istimewa)

PINDAINEWS, Bandung - Saat ini profesi barista semakin diminati oleh berbagai kalangan. Itu seiring dengan tren kopi yang semakin meningkat di kalangan masyarakat.

Hal tersebut terlihat dari maraknya kedai kopi di beberapa kota di Indonesia. Bahkan, generasi milenial yang dulunya menganggap kopi sebagai minuman orangtua mulai menggemari dan mempelajari kopi.

Salah satunya adalah Juhana Saputra, barista asal Bandung yang berhasil memenangkan kompetisi Latte Art Throwdown 2019 yang digelar di Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters Cihampelas, belum lama ini.

Juhana mulai berkecimpung di dunia barista sejak tahun 2013. Meski pengalamannya yang baru seumur jagung, namun keahlian dalam menyeduh kopi tidak perlu diragukan lagi. Kepiawaiannya dalam menyajikan kopi latte art memang bukan tanpa sebab.

Berawal dari hobi melukis kemudian iseng mencoba menjadi barista, ia mulai mempelajari dengan giat teknik seni lukis latte art selama enam tahun. Dalam profesi kesehariannya menjadi seorang barista ia berlatih membuat latte art lima gelas per hari.

Bahkan, untuk melatih kepercayaan dirinya, dia hampir selalu mengikuti kompetisi-kompetis latte art yang di Bandung. Hal tersebut dilakukannya untuk melatih kepercayaan diri dan mengetahui kekurangan dari latte art yang dibuatnya.

"Wah sudah tidak terhitung saya berapa kali mengikuti perlombaan latte art seperti ini, ada yang menang, ada yang kalah. Semuanya menjadi pembelajaran bagi saya untuk mengetahui skill yang harus ditingkatkan, tergantung motivasi dan jangan lupa untuk selalu berdoa serta berusaha," papar Juhana.

Editor: Mohamad Taufik

Komentar