Tahun Ini, Ratusan Agenda Wisata Siap Digelar di Jabar

tahun-ini-ratusan-agenda-wisata-siap-digelar-di-jabar Ilustrasi. (Net)

PINDAINEWS, Bandung - Untuk memaksimalkan kunjungan wisatawan ke Jawa Barat, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) sudah menyiapkan 262 agenda pariwisata dalam West Java Calendar of Event sepanjang tahun 2019 ini.

Kadisparbud Jabar, Dedi Taufik menuturkan, ratusan event wisata itu telah melalui sistem kurasi yang melihat berdasarkan pelibatan ekonomi di masyarakat dan promosi potensi wisata.

"Kategori event yang masuk dalam kalender event Jabar yakni terdiri dari event budaya, kuliner, olahraga, religi, seni, pariwisata dan lainnya," ujar Dedi di Bandung, Selasa (25/6/2019).

Menurut Dedi, hingga Juni ini sudah ada agenda yang berjalan di antaranya Asia Afrika Festival yang direncanakan digelar 29 juni, Pesona Budaya Garut, Cileutuh Geopark Festifal, Tur Linggarjati, hingga Festival Budaya Cirebon.

Dengan target tersebut pihaknya juga siapkan portopolio pariwisata Jabar dalam dua kategori, yaitu dengan pendekatan nomadik traveler dan digital tourism untuk destinasi alam dan budaya.

Dedi menilai, ragam festival di Jawa Barat merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dengan tingkat pariwisata promosi daerah. Oleh karenanya, pengembangan festival di Jabar ini, bakal berdasarkan nilai kebudayaan.

"Calender of event 2019 bertujuan memperkenalkan ragam daya tarik wisata di Jawa Barat. Bukan hanya itu, calender event ini juga dimaksudkan untu menarik minat wisatawan berkunjung ke Jawa Barat," tegasnya.

Dia berharap, dengan calendar of event dapat membangun semangat dan komitmen pemerintah kabupaten/kota serta masyarakat dalam memperkenalkan daerahnya masing-masing sebagai destinasi yang aman, ramah dan nyaman bagi para wisatawan.

"West Java Calender of Event 2019 sebagai salah satu upaya target capaian destinasi wisata di Jawa Barat khususnya untuk meningkatkan kunjungan 1,8 Juta wisatawan mancanegara dan 48 juta wisatawan nusantara," pungkasnya.

Upaya ini juga diharapkan dapat meningkatkan kunjungan untuk sektor pariwisata sebesar lima poin pada tahun 2023.

Editor: Mohamad Taufik

Komentar