Ini Lima Cara Memaksimalkan Fitur 'Terselubung' WhatsApp

ini-lima-cara-memaksimalkan-fitur-terselubung-whatsapp . (Ilustrasi/net)

PINDAINEWS - Layanan pesan instan WhatsApp kini semakin populer digunakan. Tapi ada sejumlah fitur pendukung yang jarang diketahui penggunanya.

Mengutip dari CNN Indonesia, fitur-fitur ini sangat bermanfaat untuk memudahkan penggunaan aplikasi. Yuk cek lima fitur apa saja yang kerap dilewatkan itu.


Pesan Dibintangi

Fitur tanda bintang (*) bisa digunakan untuk menandai pesan atau percakapan tertentu. Tanda ini berguna untuk mencatat setiap informasi penting, mulai dari nomor telepon, alamat surel, alamat rumah, atau pesan penting lainnya.

Untuk menandai pesan penting, pengguna hanya perlu menyentuh pesan selama beberapa detik hingga muncul tanda (*) pada header Whatsapp tepat di antara ikon 'balas' dan 'hapus'.

Jika ingin melihat pesan yang telah ditandai bintang, cukup sentuh menu titik tiga vertikal di sisi kanan atas. Kemudian pilih menu 'starred messages' atau 'pesan dibintangi'.

Sematkan Percakapan (pin)

Selain membintangi pesan, pengguna WhatsApp juga bisa membuat percakapan dengan seseorang atau grup sebagai prioritas sehingga selalu muncul di bagian atas. Dengan cara ini, Anda akan selalu melihat percakapan tersebut kendati tidak ada pesan baru yang muncul.

Untuk mengaktifkan, Anda hanya perlu menyentuh dan menahan salahs atu percakapan lalu klik tanda pin di sisi atas. Hanya saja, Anda hanya bisa menahan maksimal tiga percakapan saja.

Menyembunyikan Tanda Pesan Telah Dibaca

Sebagian pengguna tidak menginginkan pesan diketahui saat lawan bicara sudah membaca atau belum. Padahal lawan bicara bisa melihat tanda centang biru saat pesan sudah dibaca.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda bisa masuk ke menu pengaturan > akun dan privasi > pilih nonaktifkan tanda centang biru.

'Mention' Anggota Grup

Fitur mention berguna saat Anda ingin berbicara secara spesifik pada salah satu anggota grup. Untuk memanggil salah satu teman, Anda cukup menggunakan tanda (@) lalu masukkan nama anggota grup yang hendak di-mention.

Setop Unduhan Otomatis

Saat teman berbagi foto atau video, WhatsApp biasanya akan mengaktifkan fitur unduh otomatis sehingga data akan langsung tersimpan dalam galeri ponsel. Tak jarang fitur ini membuat pengguna geram lantaran kapasitas memori dan paket internet menjadi cepat habis.

Anda bisa mematikan fitur ini dengan cara masuk ke pengaturan > penggunaan data dan penyimpanan > media auto download > pilih foto, audio, video, atau dokumen yang hendak dihentikan unduh otomatis. Pengguna bisa memilih matikan; unduh otomatis saat terhubung WiFi; atau unduh otomatis saat terhubung WiFi dan seluler.


Editor: Daddy Mulyanto

Komentar