Minat Masyarakat Membuat KIA di Gerai Disdukcapil BTC Tinggi

minat-masyarakat-membuat-kia-di-gerai-disdukcapil-btc-tinggi . (Humas Pemkot Bandung)

PINDAINEWS, Bandung - Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kota Bandung semakin meningkat dengan hadirnya layanan gerai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di Mall Bandung Trade Center (BTC).

Data Gerai Disdukcapil BTC menunjukkan, pada Agustus 2019 ini, sudah tercetak 583 KIA.

Sejak beroperasi pada April lalu,  semakin diminati oleh masyarakat Kota Bandung. Jumlah tersebut meningkat drastis dari awal pengoperasian yang tak sampai menembus angka 100.

Pada Juli lalu, gerai Disdukcapil BTC mencetak 405 KIA. Secara akumulatif, per 21 Agustus 2019, tercatat 1007 KIA tercetak di gerai ini.

Pengelola Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Disdukcapil Kota Bandung, Nandang Suherman menyebutkan, hadirnya gerai Disdukcapil di mal adalah salah satu upaya memudahkan layanan untuk sampai ke tangan masyarakat.

"Animonya semakin ke sini semakin ramai. Banyak yang membuat KIA di gerai ini. Sejauh ini, warga Bandung yang membuat KIA di gerai BTC, katanya bisa sambil berbelanja," ujarnya kepada Humas Setda Kota Bandung di Gerai Disdukcapil Bandung Trade Center.

Lebih jauh Nandang menjelaskan, Kartu Identitas Anak memiliki manfaat besar bagi anak usia dini sampai remaja.

"Ada beberapa kejadian yang tidak diharapkan seperti anak hilang di mal kemudian tidak tahu alamat dan data dirinya. Fungsi KIA adalah untuk memudahkan pihak keamanan dalam menangani kejadian tersebut," ujar Nandang.

Editor: Mohamad Taufik

Komentar