Pertamina-BBPLK Bandung-BBPP Bekasi Berkolaborasi

pertamina-bbplk-bandung-bbpp-bekasi-berkolaborasi Pertamina-BBPLK Bandung-BBPP Bekasi Resmi Berkolaborasi. (Foto: Istimewa)

PINDAINEWS, Bandung -- Demi meningkatkan performa bisnis sekaligus roda ekonomi, satu di antaranya, dalam hal ketenagakerjaan, pola kerja sama menjadi sebuah langkah strategis. Itu pun dilakukan 3 lembaga yang bersepakat menjalin kerjasama, PT Pertamina Lubricants,  Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bandung, dan Balai Besar Peningkatan Produktivitas (BBPP) Bekasi.

Sepakatnya ketiga lembaga tersebut terjalin melalui penandatanganan Perjanjian kerjasama (PKS) yangberlangsung di BBPLK Bandung, Jalan Jenderal Gatotsubroto Bandung, Rabu (4/9/2019). Bagi PT Pertamina Lubricant, kerjasama itu merupakan bagian program pelatihan dan entrepreneurship perbengkelan roda dua Enduro Student Program.

"Enduro Student Program adalah sebuah upaya menciptakan tenaga muda produktif dan mandiri Indonesia,  di wilayah Ring I Production Unit Jakarta, Sales Region V Tuban, dan Sales Region VI Balikpapan, yang melibatkan 45 lulusan SMK asal 15 SMK terpilih," tandas Andre Herlambang, Direktur Finance & amp; Business Support PT Pertamina Lubricants.

Andre meneruskan, Enduro Student Program adalah program Corporate Social Responsibility (CSR) unggulan PT Pertamina Lubricants yang menerapkan pola pendekatan Creating Shared Value (CSV).  Kali ini, tuturnya, merupakan pelaksanaan yang ke-4.

"Sebelumnya, bergulir di Cilacap Gresik, Lamongan, Blora, Tuban dan Bojonegoro (2016). "Lalu, pada 2017 di Makassar, Semarang, Demak, Bojonegoro, Madiun, dan Kupang. Sedangkan tahun lalu, di Larantuka dan Adonara," sebut dia.

Selama itu, tuturnya, program ini menghasilkan 84 bengkel mandiri dan 84 bengkel mitra berwawasan lingkungan. Selain itu, kata dia, juga mencetak 255 orang lebih wirausahawan bengkel mandiri dan pelaksanaannya melibatkan ratusan SMK. 

Andre menegaskan, program ini adalah komitmen pihaknya mendukung kemandirian tenaga muda produktif sektor otomotif.  Harapannya, cetus dia, Enduro Student Program menciptakan kemandirian masyarakat secara berkelanjutan. "Para pesertanya pun terus membangun mimpi dan masa depan, termasuk membuka lapangan pekerjaan, membangun ekonomi, dan menjadi inspirator," pungkasnya.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar