Program 'Desaku Terang' Bantu Penerangan Warga di Kabupaten Bandung

program-desaku-terang-bantu-penerangan-warga-di-kabupaten-bandung . (Istimewa)

PINDAINEWS, Bandung - Sebanyak 100 rumah di Desa Sukajadi dan Desa Cukanggenteng, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung memperoleh fasilitas penerangan dari Bank OCBC NISP.

Bantuan tersebut merupakan program 'Desaku Terang' untuk menyediakan fasilitas penerangan, perbaikan fasilitas sanitasi dan juga perbaikan sarana pendidikan sejak tahun 2017.

Kegiatan 'Desaku Terang' sejalan dengan komitmen bank untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, Bank OCBC NISP secara konsisten menjalankannya kembali. Selain bantuan penerangan, program ini juga menghadirkan pembangunan dan perbaikan fasilitas MCK, renovasi ruang belajar anak dan bantuan perlengkapan belajar di empat sekolah.

Sejalan dengan Agenda Pembangunan Berkelanjutan (Agenda for Sustainable Development atau SDGs) ke-7, yakni Energi Bersih dan Terjangkau dan ke-6 Air Bersih dan Sanitasi serta Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 47 Tahun 2017 tentang Penyediaan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) bagi masyarakat yang belum mendapatkan akses listrik.  

Direktur Bank OCBC NISP Mirah Wiryoatmodjo mengatakan Bank OCBC NISP memahami bahwa sebuah bisnis yang bertanggung jawab adalah sebuah bisnis yang memiliki komitmen berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta lingkungan sekitarnya.

"Sesuai dengan komitmen Bank OCBC NISP untuk bertumbuh dan berkembang bersama masyarakat, kami terus berkomitmen untuk mendukung usaha pemerintah meningkatkan akses masyarakat Indonesia terhadap fasilitas penerangan dan sanitasi yang layak dan bersih melalui program Desaku Terang," tuturnya.

Untuk fasilitas penerangan, Bank OCBC NISP menyediakan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE). Panel surya LTSHE akan menangkap energi dari matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. Energi tersebut kemudian disimpan dalam baterai dan akan digunakan untuk menyalakan lampu. Tidak hanya digunakan untuk penerangan di dalam rumah, Lampu LTSHE juga dapat digunakan sebagai sumber penerangan di luar rumah (seperti senter).

Sebanyak 70 sukarelawan yang merupakan staf dari Bank OCBC NISP dan OCBC Group terjun langsung untuk terlibat dalam program Desaku Terang ini. Inisiatif ini merupakan bagian dari program volunteering yang digalakkan oleh Bank OCBC NISP dan OCBC Group.

“Lewat program volunteering ini, kami ingin menyediakan kesempatan bagi karyawan untuk menyalurkan aspirasi sosial mereka dan memberikan pertolongan bagi mereka yang membutuhkan,” tutup Mirah.

Editor: Mohamad Taufik

Komentar