Wow, Dana Rp 1 Miliar Untuk Ubah VW Beetle Jadi Mobil Listrik

wow-dana-rp-1-miliar-untuk-ubah-vw-beetle-jadi-mobil-listrik . (ilustrasi/net)

PINDAINEWS, Jakarta -- Ternyata, melalui pengembangan teknologi, sebuah mobil lawas, yang semula menggunakan bahan bakar minyak (BBM) sebagai sumber energinya, berubah menjadi mobil listrik. Buktinya, Volkswagen (VW) Beetle edisi 1973 berpenggerak listik.

Dalam ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 di Balai Kartini, belum lama ini, sebuah VW Beetle 1973 berpenggerak listrik tampil dan menyita perhatian.

Bagaimana tidak, kendaraan lawas itu menjadi perhatian karena menggunakan tenaga listrik. Mobil itu menggunakan Electric Vehicle Conversion Kit. Sang pemilik, Rudi Susanto, rela mengeluarkan fulus senilai Rp 240 juta untuk membeli  perangkat itu dari California, Amerika Serikat.

Namun, secara total, pengubahan VW Beetle miliknya menjadi sebuah mobil listrik menghabiskan dana yang lebih banyak. "Secara total, sudah menghabiskan dana Rp 1 miliar untuk menyelesaikan proyek kendaraan lawas bertenaga listrik itu," tandas Rudi.

Sebagai pecinta kendaraan klasik, Rudi berpandangan, pada 2040 internal combustion engine (ICE) berpotensi punah. Mayorotas penggemar mobil klasik, sambungnya, tidak membiarkan mesin original itu digantikan motor listrik. 

"Pada masa mendatang, sangat mungkin, tidak ada lagi bahan bakar bensin. Itu membuat kendaraan klasik menjadi sia-sia tidak kita ubah menjadi mobil listrik," lanjutnya.

Demi mewujudkan mimpinnya mengubah VW Kodok menjadi berpenggerak listrik, Rudi mengaku dibantu AutoLube Motorsport. Harapannya, proyek itu berhasil, dapat mempertahankan eksistensi mobil klasik pada masa depan.

Proses pengerjaannya, kata dia, memerlukan waktu enam bulan. Kini, VW Kodok listrik yang memerlukan waktu pengisian daya listrik selama 4-5 jam itu menjadi kendaraan harian Rudi. Hebatnya, mobil listrik itu mampu menempuh jarak hingga 150 km dan melaju 100 kilometer per jam. 

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar