Ini Nominal Potensi Pengelolaan Dana Lingkungan Hidup

ini-nominal-potensi-pengelolaan-dana-lingkungan-hidup Menteri Keuangan, Sri Mulyani. (Ilustrasi/net)

PINDAINEWS, Jakarta -- Ternyata, pengelolaan dana lingkungan hidup tergolong besar. Potensinya, mencapai ratusan triliun rupiah.

"Potensi pengelolaan anggaran di Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) yang baru rilis, mencapai sekitar Rp 800 triliun. Akan kami lihat bagaimana strategi dan skemanya," tandas Menteri Keuangan, Sri Mulyani, usai peluncuran Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup di Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Sri Mulyani mengutarakan, ada beberapa hal yang menjadi sumber potensi anggaran yang dikelola BPDLH. Antara lain, sebut dia, dana reboisasi dan perdagangan karbon.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu meneruskan, lembaga baru itu sebagai Badan Layanan Umum (BLU) yang bertujuan mengembangkan perdagangan karbon. Selain itu, BPDLH juga pelaksanaan program kementerian/lembaga yang membutuhkan dukungan dana, yang sumbernya antara lain APBN, non-APBN, atau dana dalam dan luar negeri.

Sri Mulyani melanjutkan, sebagai BLU, BPDLH bisa memberikan pembiayaan yang lebih fleksibel. Skemanya, terang dia, sesuai program lingkungan hidup.

"Besarnya potensi pengelolaan anggaran, pemerintah berencana merekrut profesional yang tidak hanya paham pengelolaan dana, tetapi juga lingkungan hidup," tuturnya.

Saat ini, dana yang ada tersimpan pada BPDLH mencapai Rp 2,1 triliun. Sebelumnya, dana itu berada pada BLU. Kehadiran BPDLH lanjut dia, sumber dana baru bisa kian termobilisasi, khususnya dari pihak yang peduli lingkungan.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar