Lembaga Ini Efektif Antisipasi Potensi Resesi

lembaga-ini-efektif-antisipasi-potensi-resesi . (Ilustrasi/net)

PINDAINEWS, YOGYAKARTA -- Tidak pelak lagi, kehadiran koperasi berperan penting dalam roda perekonomian nasional. Ekonomi kerakyatan yang termanifestasikan koperasi dan sesuai prinsip ekonomi Pancasila.

"Koperasi efektif mengantisipasi resesi ekonomi yang mungkin terjadi," tandas pakar ekonomi kerakyatan dan koperasi milenial, Frans Meroga, Rabu (9/10/2019). Pasalnya, prinsip ekonomi Pancasila termanifestasikan secara konkret melalui pemberdayaan koperasi, yang secara  jelas mengutamakan kepentingan anggota.

Dia berpendapat, setiap anggota koperasi berperan sebagai produsen dan konsumen atas dasar sukarela dan terbuka. Fakta itu menjadikan koperasi menjadi instrumen terefektif mengantisipasi terjadinya resesi.

"Yang terpenting, koperasi merupakan kumpulan orang bukan kumpulan modal. Jelas musyawarah untuk mufakatnya serta keadilan sosialnya, one man one vote, bukan one share one vote," tegas Frans Meroga.

Pria yang juga menjabat Vice President (VP) Nasari Cooperative Group itu menilai prinsip ekonomi kerakyatan yang digagas oleh Wapres terpilih KH Ma'ruf Amin, yaitu The Ma'ruf Amin Way. Gagasan itu, sambung dia, relevan dan sesuai prinsip Pancasila. Selain itu, kata dia, juga mengekspresikan keadilan, keumatan, dan kedaulatan secara otentik.

Ia justru mempertanyakan konsep-konsep lain seperti Pancasilanomics yang diperkenalkan oleh Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Arif Budimanta yang dianggapnya lebih berpihak pada kapitalis, ketimbang ekonomi kerakyatan yang merupakan ekspresi dari nilai-nilai Pancasila.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar