Persib Gasak Arema FC di Jalak Harupat

persib-gasak-arema-fc-di-jalak-harupat Para pemain Persib merayakan gol pertama ke gawang Arema FC yang dicetak Kim Jeffrey Kurniawan. (Twitter/ @persib)

PINDAINEWS, Bandung - Persib Bandung menggasak Arema FC dengan skor 3-0 dalam laga lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (12/11/2019) sore.

Trigol Maung Bandung tercipta di babak pertama. Masing-masing dicetak oleh Kim Kurniawan pada menit 6, Omid Nazari (36'), dan Frets Listianto Butuan (38').

Meski sedang mengalami krisi penyerang, rencana Pelatih Persib Robert Alberts terbukti memenuhi harapan meski laga belum sepenuhnya usai.

Saat permainan, Laga langsung dibuka dengan drama kapten Arema, Arthur Rocha yang sempat mengalami blunder di menit ke-2 dan bola akhirnya terkuasai oleh Abdul Aziz. Dari kaki Aziz bola tersebut tidak bisa dimanfaatkan penuh oleh Frets yang tembakannya melenceng.

Selang tiga menit, kordinasi lini depan yang sangat fantastis berhasil dimaksimalkan oleh Kim Jeffrey Kurniawan. Umpan tiki-taka dari Frets menuju kim itu membuka keunggulan Maung Bandung dengan satu gol ke sudut kanan gawang Kartika Ajie.

Sedangkan di saat yang bersamaan, para pemain Arema melayangkan protes kepada Wasit Dwi Susilo. Karena saat proses gol oleh Kim, Jayus Hariono tersungkur di tengah lapang hijau tanpa dihiraukan oleh wasit.

Berlanjut menit ke-16, Persib sempat hampir membuka keunggulan dari sepakan pojok Dedi Kusnandar. Namun sodoran sepakan pojok itu tidak berhasil di maksimalkan Ahmad Jufrianto.

Menjelang pertengahan babak pertama, peluang lebih banyak didapat oleh kubu tuan rumah. Sedangkan upaya Singo Edan untuk mencari celah serangan, sering kali menemui kebuntuan di depan gawang I Made Wirawan.

Arema terlihat bermain dengan tempo yang lamban dan lebih condong mengamankan penguasaan bola. Sedangkan Persib yang sedang dilanda krisis penyerang, lebih mengandalkan serangan balik cepat.

Menit 36, Omid Nazari melesatkan tendangan keras tak terduga ke gawang Kartika Ajie. Bola membentur mistar atas gawang lalu mendarat dan memantul keluar gawang.

Setelah itu Erwin memastikan bola masuk ke gawang Arema. Namun wasit mencatat Omid sebagai pencetak gol karena bola terlebih dahulu mendarat kedalam gawang Arema.

Menit ke 39, Omid kembali berperan dalam proses terciptanya gol. Umpan cantik Omid berhasil tersampaikan ke kaki Frets. Tanpa pengawalan pemain bertahan Arema, Frets leluasa untuk menjebloskan gol ketiga Maung Bandung.

Ketinggalan tiga gol, pertahanan Singo Edan malah semakin keropos. Terlihat dari serangan-serangan Persib berikutnya yang cukup mudah saat melewati lini belakang Arema. Babak pertama berakhir dengan skor 3-0 dengan keunggulan Maung Bandung.

Di babak kedua, Singo Edan berusaha bangkit. Namun tak satupun gol berhasil mereka ciptakan meski mendapatkan sejumlah peluang seperti lewat tendangan bebas Makan Konate yang menerpa mistar gawang.

Sebaliknya Maung Bandung yang lebih banyak mengandalkan serangan balik di babak kedua, cukup ampuh membuat frustasi para pemain Arema. Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 3-0 untuk Persib berhasil dipertahankan.

Berkat kemenangan ini, Persib naik ke peringkat 6 klasemen sementara dengan mengoleksi 40 poin dari 27 pertandingan. Maung Bandung unggul produktivitas gol dari PSS Sleman yang juga mengoleksi 40 poin.

Editor: Mohamad Taufik

Komentar