Kembangkan Kendaraan listrik, Pemerintah Coba Gandeng Korsel

kembangkan-kendaraan-listrik-pemerintah-coba-jalin-gandeng-korsel PT PLN saat meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU),. (Adriansyah/PINDAINEWS)

PINDAINEWS, Jakarta -- Beberapa waktu lalu, pemerintah menggulirkan program kendaraan ramah lingkungan, yang di antaranya, pengembangan mobil listrik. Guna mempercepat pengembangan produksi mobil listrik, pemerintah menyiapkan berbagai strategi.

Di antaranya, mencoba menjalin kemitraan dengan berbagai pihak. Yang terbaru, pemerintah menjajaki kemitraan dengan perusahaan Korea Selatan (Korsel), Doosan Group.

Deputi Bidang Koordinator Infrastruktur Kemenko Maritim dan Investasi, Ridwan Djamaluddin, Kamis (14/11/2019), mengemukakan, arah kemitraan dengan Negeri Ginseng yaitu mengembangkan kendaraan listrik dan inovasi maksimal biofuel.

Dia mengatakan, Doosan Group pun menjajaki kerja sama dengan korporasi BUMN, yang difasilitasi Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi. Ridwan menjelaskan, pada September 2019, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar, Pandjaitan, mengunjungi Korsel untuk melihat adanya potensi kemitraan.

Hasilnya, ucap dia, positif. Doosan Group meresponnya. Industri Negeri Koryo itu membawa produk terbaiknya untuk mereka pamerkan kepada para calon mitra. 

Ridwan menegaskan, saat ini, pemerintah berupaya merelokasi pabrik-pabrik perusahaan Korea ke Indonesia. Alasannya, jelas dia, di Indonesia, pasar perusahaan Korsel cukup besar. "Artinya, relokasi itu untuk lebih mendekatkan produk Korsel dengan pasar Indonesia," terangnya.

Vice Chairman Doosan Group, HS Lee, dalam pameran Doosan Tech 2019 di Gedung BPPT, mengatakan, kerja sama dengan Indonesia berlanjut untuk jangka panjang. "Kami bermitra dengan Indonesia karena memiliki hubungan baik. Banyak peluang kerja sama di Indonesia, misalnya berkaitan dengan infrstruktur dan mobilisasi," kata HS Lee.

Potensi kerja sama besar pada masa mendatang yaitu pada bidang transportasi. Dalam hal itu, Doosan Infarcore Co. Ltd bekerjasama dengan PT. Boma Bisma Indra (Persero) dalam bentuk alih teknologi pembuatan diesel engine, yang pada 21 Agustus 2019, berlangsung peresmian fasilitas assembly diesel engine di PT. BBI (Persero). 

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar