Pensiun, Jorge Lorenzo Genggam Lima Gelar Juara Dunia

pensiun-jorge-lorenzo-genggam-lima-gelar-juara-dunia . (net)

PINDAINEWS, Bandung - Pembalap MotoGP asal Spanyol Jorge Lorenzo pensiun dari MotoGP. Selama 18 musim berkarir di dunia balap, Lorenzo berhasil merengkuh lima gelar juara dunia.

Karir Lorenzo, yang kini membela tim Repsol Honda akan berakhir di Valencia, akhir pekan ini. Selama 18 musin beradu cepat di lintasan, Lorenzo meraih 68 kemenangan, 152 podium, 69 pole position, dan 37 pencetak fastest laps.

Lorenzo menjalani debutnya pada 2002 di kelas 125cc. Di balapan keempat, dia berhasil meraih poin usai finish ketujuh di Rio de Janeiro. Setahun berselang, di Rio, dia berhasil meraih kemenangan perdananya.

Dari sana, karirnya terus berkembang. Pada 2005, Lorenzo pindah ke kelas 250cc. Dia meraih enam podium sebagai pembalap rookie. Gelar juara dunia pertamanya diraih pada 2006 dan dipertahannya pada 2007.

Karir gemilangnya berlanjut ke kelas para raja. Lorenzo direkrut Yamaha untuk menjadi tandem Valentino Rossi pada 2008. Di kelas MotoGP ini dia meraih tiga gelar juara dunia, pada 2010, 2012, dan 2015.

Lorenzo sempat pidah ke tim Ducati pada 2017 dengan hasil yang tidak terlalu bagus. Pada 2019, Lorenzo pindah ke Repsol Honda menjadi tandem juara dunia delapan kali Marc Marquez, namun hasilnya pun tidak lebih bagus. Berbagai keccelakaan yang dialaminya pada tahun ini membuat hasil balapan Lorenzo bahkan membuatnya tak mampu menembus 10 besar di klasemen pembalap.

Kemarin, Jorge Lorenzo mengumumkan pensiun dari MotoGP. Balapan di Valencia pada akhir pekan ini akan menjadi balapan terakhir pembalap yang identik dengan nomor motor 99 ini di MotoGP.

Editor: Sirojul Mutaqien

Komentar