Ini yang Membuat PLN Tingkatkan Pemanfaatan EBT

ini-yang-membuat-pln-tingkatkan-pemanfaatan-ebt PLTA Lamajan, Pangalengan Kabupaten Bandung.. (Ilustrasi/net)

PINDAINEWS, Bandung -- Hingga kini, sumber energi terbanyak yang masih dimanfaatkan banyak kalangan untuk beragam keperluan, termasuk listrik, masih didominasi energi fosil, seperti bahan bakar minyak. 

Pada titik tertentu, energi fosil habis. Karenanya, pemerintah menggelorakan Program Pemanfaatan Energi Baru dan Terbarukan (EBT). Di antaranya, memaksimalkan air sebagai sumber energi.

Tidak heran, di sejumlah daerah, termasuk Jabar, beroperasi beberapa Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). "Ini adalah upaya kami untuk terus meningkatkan pemanfaatan EBT," tandas General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jabar, Agung Nugraha, 

Agung mengungkapkan, hingga kini, pemanfaatan EBT masih tergolong rendah. Persentasenya, lanjut dia, sekitar 11-12 persen.

Sejatinya, negara ini, termasuk Jabar, memiliki sumber-sumber EBT yang sangat potensial. Dasar itu, tukasnya, membuat pemerintah menggulirkan program Pemanfaatan EBT. 

"Targetnya (pemerintah), pada 2025, pemanfaatan EBT melebihi 20 persen. Karenanya, kami terus ekspansi dan melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan pemanfaatan EBT. Di antaranya, mendorong keberadaan PLTMh (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro hidro), yang saat ini, jumlahnya mencapai puluhan dan tersebar di berbagai daerah," urainya.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar