Pertengahan 2020, Jatigede Beroperasi

pertengahan-2020-jatigede-beroperasi Harapannya, Waduk Jatigede beroperasi pada Juni 2020.. (Ilustrasi/net)

PINDAINEWS, Bandung -- Demi memenuhi pemenuhan kebutuhan listrik, pemerintah menggulirkan program 35 ribu Mega Watt (MW). Berbagai upaya dilakukan pemerintah. Di antaranya, membangun infrastruktur, salah satunya, waduk jatigede, Kabupaten Sumedang.

"Pembangunan Jatigede terus bergulir. Saat ini, pembangunannya mencapai 75 persen," tandas Manager Sipil & Lngkungan PLTA Saguling, Novy pada sela-sela Media Gathering di PLTA Lumajan Pangelangan, Kabupaten Bandung.

Novy menyatakan, jika memperhatikan perkembangan pembangunannya, pihaknya memperkirakan, pengoperasian Jatigede dapat terealisasi dalam waktu yang tidak lama. Harapan dan prediksinya, cetus Novy, Jatigede beroperasi pada Juni 2020.

Dia berpendapat, kehadiran Jatigede, yang berkapasitas produksi 2 x 55 MW, dapat meningkatkan pasokan energi listrik, tidak hanya di Jabar, tetapi juga Indonesia. 

Novy menilai Jatigede merupakan salah satu upaya penyediaan kebutuhan listrik melalui pemanfaatan EBT, yang memang menjadi program pemerintah. "EBT itu tidak hanya air. Ada beberapa hal yang menjadi EBT. Yaitu, ombak, angin, panas bumi, termasuk tenaga surya (matahari). Untuk itu, kami terus mendorong dan melakukan upaya-upaya untuk terus meningkatkan pemanfaatan EBT demi terpenuhinya kebutuhan listrik," pungkasnya.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar