Indonesia Berpeluang Raih Emas Basket 3 on 3 Putra

indonesia-berpeluang-raih-emas-basket-3-on-3-putra Tim bola basket 3 on 3 Indonesia saat menghadapi Malaysia di babak penyisihan. (Antaranews.com)

PINDAINEWS, Manila - Tim Indonesia sukses melaju ke final cabor bola basket 3X3 (3 on 3) putra SEA Games 2019 seusai mengalahkan Vietnam dengan skor 20-18 pada semifinal yang berlangsung di Fil Oil Flying V Arena, Manila, Filipina, Senin (2/12/2019).

Pada final yang berlangsung pada hari yang sama mulai pukul 16.00 waktu Manila, tim 3X3 putra Indonesia akan menghadapi tuan rumah Filipina yang lebih diunggulkan meraih emas basket 3X3.

Laga melawan Vietnam berjalan dengan ketat sejak awal. Indonesia, yang di fase penyisihan kalah 17-19 dari Vietnam, tertinggal 0-1 terlebih dahulu sebelum lemparan Oki Wira Sanjaya menyamakan kedudukan 1-1.

Namun, beberapa pelanggaran imbas dari permainan agresif mulai membuat Vietnam tertinggal. Pemain Indonesia Muhamamd Sandy Ibrahim membawa Indonesia unggul jauh 6-1.

Vienam bahkan sempat tertinggal delapan angka setelah tembakan bebas Rivaldo Pangesthio membuat skor menjadi 11-3.

Penjagaan ketat para pemain Indonesia membuat Vietnam yang dimotori Thanh Tam Dinh sulit mengembangkan permainan. Akan tetapi, dua menit jelang laga usai, Vietnam mulai bangkit. Tam Dinh membuat skor menjadi 14-16.

Tembakan dua angka Oki Wira mengubah skor menjadi 20-16, sebelum Vietnam kembali menyempitkan ketinggalan menjadi 20-18. Skor itu tak berubah sampai pertandingan usai.

Sebagai informasi, SEA Games 2019 menjadi kali pertama cabang olahraga bola basket 3X3 dipertandingkan di ajang SEA Games.


Editor: Mohamad Taufik

Komentar