Ini Kata Kang Uu Soal Edu Passion

ini-kata-kang-uu-soal-edu-passion Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum. (Dok PINDAINEWS)

PINDAINEWS, Bandung -- Demi meningkatkan kualitas generasi muda, pendidikan menjadi sebuah keniscayaan. Karenanya, berbagai program pendidikan terus digulirkan pemerintah. Satu di antaranya berkaitan dengan Edu Passion.

Wakil Gubernur (Wagub) Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, menyatakan, perguruan tinggi (PT) seyogianya, memberikan informasi selengkap-lengkapnya kepada calon mahasiswa sesuai minat dan bakatnya, termasuk melalui Edu Passion 2020 yang bergulir di SMAN 3 Bandung.

Selain itu, mantan Bupati Tasikmalaya itu pun meminta PT menggali potensi yang dimiliki calon mahasiswa agar mereka tidak salah memilih jurusan.

"Edu Passion sangat penting sebagai informasi awal kepada siswa untuk menentukan sikap agar tidak salah jurusan dan sesuai minat. PT harus memberikan informasi lengkap," tandas Uu saat membuka Edu Passion 2020 di SMAN 3 Kota Bandung, Jl. Belitung No. 8, Kamis (23/1/20).

Uu menambahkan, saat ini kecenderungan memilih perguruan tinggi maupun jurusan dominan dilakukan siswa melalui kemudahan akses dan perkembangan informasi. "Perbedaan anak sekarang dengan zaman dahulu, saat lulus SMA, dulu orang tua yang menentukan dan memutuskannya. Pada era digital, yang dominan adalah siswa," kata Uu.

Provinsi Jabar, lanjutnya, punya banyak PT bergengsi termasuk universitas ternama. Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jabar, lanjut Uu, terus berupaya meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) pada PT yang saat ini pada level 20 persen.

Selain itu, Pemerintah Daerah Provinsi Jabar juga memiliki program pemberian beasiswa puluhan juta untuk masing-masing jenjang di perguruan tinggi bagi warga Jabar golongan ekonomi lemah maupun warga Jabar dengan nilai akademik yang bagus.

Edu Passion 2020 diikuti 17 PT Negeri dan 18 PT swasta. Antara lain, Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Dipenogoro (Undip), Telkom University, Sampoerna University, LSPR, hingga Bina Nusantara (Binus).

Ketua penyelenggara Edu Passion, sekaligus Kepala Sekolah SMAN 3 Bandung Yeni Gantini, menjelaskan, program ini bertujuan memfasilitasi calon mahasiwa dan perguruan tinggi. Tidak hanya pameran, Edu Passion, yang terbuka untuk umum. ini juga mengetengahkan dialog interaktif.

"Dalam dialog itu, siswa boleh bertanya selengkap-lengkapnya kepada perguruan tinggi yang hendak dia pilih. Kami ingin memfasilitasi supaya siswa memperoleh informasi secara utuh tentang jurusan dan perguruan tinggi yang akan dia tuju. Jadi mereka tidak perlu mendatangi perguruan tinggi," tutup Yeni.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar