BJB Syariah Garap Potensi Haji-Umrah Jabar

bjb-syariah-garap-potensi-haji-umrah-jabar Bank bjb syariah. (pindainews.com)

PINDAINEWS, Bandung - Bank bjb syariah telah ditunjuk oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) untuk menjadi Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaran Ibadan Haji (BPS-BPIH) pada awal tahun 2019 lalu.

Selanjutnya, Bank bjb syariah juga ditunjuk sebagai Bank Penerima Setoran Biaya Perjalanan Ibadah Umrah (BPS-BPIU) oleh Kementerian Agama.

Direktur Utama Bank bjb Syariah Indra Falatehan mengemukakan hal tersebut merupakan langkah yang tepat mengingat Provinsi Jawa Barat memiliki potensi besar.

Saat ini, Jabar berada di peringkat pertama sebagai daerah dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di Indonesia. Satu alasan yang menjadikan sistem ekonomi berbasis syariah berpotensi besar untuk dapat tumbuh berkembang.

"Potensi ekonomi syariah untuk tumbuh di Jawa Barat sangat besar karena adanya kesadaran masyarakat. Jabar sendiri memiliki potensi jemaah sebesar 150.000 setiap tahunnya. Untuk itu, bank bjb syariah menargetkan sebanyak 2.700 jemaah umrah per tahun," kata Indra Falatehan, Kamis (23/1/2020).

Meningkatnya tren haji dan umrah, jelasnya, juga dipengaruhi oleh adanya experience spending. Fenomena ini terbentuk akibat daya beli masyarakat yang semakin membaik dan meningkatnya minat ibadah serta gaya hidup islami. Terlebih angka pemberangkatan haji dan umrah di Jabar menunjukan grafik peningkatan di setiap tahunnya.

Namun Indra percaya bahwa prinsip ekonomi syariah tidak semata perihal mengikuti tren. "Pada prinsipnya ada keberkahan ibadah dan ketenangan hati yang menjadi tujuan utama dari nilai-nilai syariah," ujar Indra.

Dalam realisasinya, bank bjb syariah menyediakan beragam produk dan layanan yang menunjang praktik ibadah haji umrah, salah satunya adalah aplikasi SISKOPATUH yang berperan sebagai media pembayaran biaya perjalanan dan asuransi. Dimana SISKOPATUH adalah aplikasi milik Kementerian Agama yang berperan dalam mengawasi dan meningkatkan layanan umrah.

Selain itu, bank bjb syariah juga menyediakan Tabungan Haji iB Maslahah yang merupakan produk khusus untuk persiapan biaya ibadah haji. Tabungan Haji iB Maslahah dikelola secara profesional dan aman sesuai prinsip syariah.

Produk ini juga dilengkapi dengan layanan online Siskohat (Sistem Koordinasi Haji Terpadu) sehingga memungkinkan jemaah mendapatkan kepastian keberangkatan dari Departemen Agama setelah saldo tabungan haji telah memenuhi nominal persyaratan.

Editor: Sirojul Mutaqien

Komentar