Honda dan Ford Recall Ratusan Ribu Produknya

honda-dan-ford-recal-ratrusan-ribu-produknya Honda Odyssey. (Ilustrasi/net)

PINDAINEWS -- Pelayanan menjadi hal penting dalam dunia bisnis dan industri. Pada sektor otomotif, recall (penarikan unit karena adanya masalah teknis) menjadi salah satu bentuk pelayanan.

Dua produsen otomotif raksasa dunia, Honda Motor dan Ford, melakukan recall ratusan ribu unit produknya.

Di Amerika Serikat (AS), Honda me-recall 241.000 unit Odyssey minivan. Recall itu untuk mereparasi masalah kabel listrik yang dapat menyebabkan kebakaran.

Laman Detroit Free Press, Rabu (12/2) waktu setempat, mengabarkan, recall Honda itu mencakup Odyssey varian EX-L, Touring, dan Elite model 2018-2020.

Honda menyatakan, kabel pada bagian tertentu di dalam mobil, kemungkinan terjepit, yang dapat menyebabkan korsleting kemudian berpotensi kebakaran. 

Honda mengatakan, kendaraan terdampak mendapatkan panggilan diler untuk perbaikan kabel. Jika kabel rusak, perusahaan menggantinya secara cuma-cuma.



Ford Taurus SHO yang menjadi armada polisi AS    (ilustrasi/net)


Langkah recall pun dilakukkan Ford. Sebanyak 240 ribu unit di-recall Ford, termasuk armada patroli kepolisian AS. Recall Ford itu karena adanya masalah suspensi yang bisa patah sehingga berpotensi kecelakaan.

Mobil yang terdampak recall antara lain Ford Flex, Ford Taurus SHO dan tipe khusus untuk patroli Kepolisian Amerika Serikat (AS), serta Ford Lincoln MKT, produksi 2013-2018. Mayoritas, recall itu terhadap kendaraan di Amerika Utara.

Ford mengatakan, komponen "toe link" pada suspensi belakang dapat patah sehingga mengganggu stabilitas. Hingga saat ini, belum ada laporan kecelakaan atau cedera akibat kerusakan itu.

Ford mengedarkan surat pemberitahuan kepada pemilik untuk melakukan pergantian komponen pada 2 Maret 2020.


BACA JUGA : 


Power 15 Steering Bermasalah, Tesla Recall 15 Ribu Model X

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar