Enam WNI Asal Jabar Dipulangkan Besok Setelah 14 Hari Karantina

enam-wni-asal-jabar-dipulangkan-besok-setelah-14-hari-karantina Beberapa WNI melakukan aktifitas saat proses karantina di Natuna.. (antara)

PINDAINEWS, Bandung - Sebanyak 238 WNI eks Wuhan, China diobservasi di hanggar Natuna karena wabah corona. Setelah 14 hari masa observasi, mereka diperbolehkan kembali ke keluarganya masing-masing. Pemulangan dijadwalkan, Sabtu 15 Februari 2020 siang, menyusul habisnya masa observasi.

Masa observasi WNI yang dipulangkan dari Wuhan, China karena wabah virus korona itu berakhir Sabtu besok pukul 12.00 WIB. Selanjutnya, ke 238 WNI tersebut langsung diangkut dari Natuna ke Jakarta menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara.

Beberapa di antara mereka, merupakan warga Jabar. Kepala Dinas Kesehatan Jabar, Berli Hamdani mengatakan, pihaknya tidak memiliki kewenangan siapa mereka yang bakal dipulangkan ke Jabar.

"Kami tidak berwenang mengeluarkan data tersebut, karena yang menghandle dari Kemenlu. Sementara dari Pemprov daerah asal tidak diberitahu," kata Berli, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Jumat (14/2/2020).

Berli mengungkap pihaknya sebagai pemerintah daerah asal WNI yang karantina tersebut hanya diinstruksikan untuk melakukan pemantauan di seluruh wilayah Kabupaten dan kota di Jabar.

"Kami, sebagai Pemprov daerah asal WNI yang telah menjalani prosedur karantina, hanya mendapat perintah dari KemenkesRI untuk status melakukan pemantauan di semua Kab/Kota. Itupun melalui petugas puskesmas se-Jabar," ucapnya.

Berdasarkan informasi dan data yang diterima okezone, ada enam orang asal Jabar yang akan kembali selepas karantina di Natuna. Enam orang tersebut akan di kembalikan ke wilayah Bandung, Bogor, dan Tasikmalaya.

Editor: Daddy Mulyanto

Komentar