Di Meksiko, GM Segera Beraktivitas Lagi

di-meksiko-gm-segera-beraktivitas-lagi Di Meksiko, GM segera reaktivasi.. (Ilustrasi/net)

PINDAINEWS -- Sejak beberapa bulan terakhir, banyak industri otomotif yang terpaksa menunda aktivitas produksinya di berbagai negara akibat wabah Covid-19. Upaya itu pun dilakukan industri otomotif Amerika Serikat (AS), General Motors (GM).

Namun, seiring perkembangan, Reuters mengabarkan, GM bersiap untuk mengaktifkan industri perakitannya di Ramos Arizpe, negara bagian utara Meksiko, yaitu Coahuila. Selain di Ramos Arizpe, GM pun siap me-restart industri mereka di negara bagian tengah Meksiko, Guanajuato. Namun, reaktivasi industri di Guanajuato bergantung pada kesiapan pemasok.

Tidak hanya itu, GM pun mempertimbangkan reaktivasi beberapa industrinya di Negeri El Sombrero. Antara lain, industri yang berlokasi di negara bagian San Luis Potosi, dan Toluca, dekat Mexico City.

Pekan lalu, pemerintah Meksiko menyatakan, industri otomotif Meksiko dapat beraktivitas normal lagi sebelum 1 Juni 2020. Syaratnya, para pelaku industri otomotif menyetujui upaya-upaya keamanan dan kesehatan yang berlaku.

Awal pekan ini, pemerintah Meksiko menerbitkan pedoman bergulirnya kembali sejumlah operasional produksi, penambangan, dan konstruksi. "Kita harus bersikap bijaksana dan sangat berhati-hati," tandas Mauricio Usabiaga, Menteri Pembangunan Ekonomi untuk Guanajuato. 

Dia mengatakan, seluruh pekerja, termasuk staf GM, yang kembali bekerja di Meksiko harus menggunakan peralatan pelindung pribadi setiap saat. Lalu, lanjutnya, menerapkan jarak aman yaitu 1,5 meter. Kemudian, memeriksa suhu tubuh ketika memasuki areal industri.

Tentu saja, kabar itu mendapat respon positif pasar dan pelaku otomotif Amerika Utara, yang terhubung jalur pasokan AS-Meksiko-Kanada. Produsen spare parts  juga melakukan berbagai persiapan untuk beraktivitas lagi.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar