Diganggu Cedera, Juara Bertahan Tour de France Egan Bernal Mundur

diganggu-cedera-juara-bertahan-tour-de-france-egan-bernal-mundur Egan Bernal. (Net)

PINDAINEWS - Pebalap Kolombia, Egan Bernal memutuskan mundur dari ajang balap sepeda paling bergengsi Tour de France 2020. Keputusan Bernal mundur dari kompetisi membuat dia dipastikan gagal mempertahankan gelar juara yang diraihnya tahun lalu.

Bernal merupakan peraih jersey kuning alias juara Tour de France 2019. Bernal mundur jelang balapan etape 17, alasannya karena performa dia yang tak maksimal selama mengikuti Tour de France 2020 akibat masih memiliki masalah cedera.

Keputusan itu diumumkan oleh tim Ineos Grenadiers ​​​​yang menjadi tempat bernaungnya, setelah tersisih dari kompetisi dalam etape menyusuri pegunungan yang berbahaya.

"Ini sudah pasti bukan akhir Tour de France yang saya inginkan, tetapi saya setuju ini keputusan yang benar bagi saya dalam kondisi seperti ini," kata pebalap berusia 23 tahun ini seperti dikutip AFP.

General Manager Ineos Grenadiers Sir Dave Brailsford menyatakan keputusan ini demi kebaikan Bernal sendiri. "Kami sudah mengambil keputusan ini demi kepentingan terbaik Egan," cuit Brailsford via Twitter.

"Egan adalah juara sejati yang mencintai balapan, namun dia juga pebalap muda, dengan banyak tour di depan (menanti) dia dan pada titik ini, di atas itu semua, kami merasa adalah lebih bijaksana bagi dia agar berhenti berlomba," tutup Brailsford.

Sementara Egan Bernal mengaku kecewa karena harus meninggalkan panggung terbesar dalam balap sepeda profesional tersebut.

"Jelas, ini bukan bagaimana saya ingin mengakhiri Tour saya. Saya setuju bahwa dalam situasi saat ini adalah keputusan yang tepat. Saya sangat menghormati keputusan tim dan saya sudah menantikan untuk membalap di sini lagi (Tour de France)," ucapnya.

Editor: Mohamad Taufik

Komentar