Bulan Depan Ada Pengumuman Hasil Uji klinis Vaksin COVID-19

bulan-depan-ada-pengumuman-hasil-uji-klinis-vaksin-covid-19 . (Kompas.com)

PINDAINEWS -- Hingga kini, pemerintah terus melakukan beragam upaya untuk menyikapi sekaligus meminimalisir wabah Covid-19. Di antaranya, menguji coba vaksin Covid-19.

Kepada Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyatakan, sekitar pertengahan Oktober 2020, pemerintah mengumumkan hasil uji klinis  tahap III vaksin Covid-19, yang prosesnya berlangsung di Bandung. 

Arilangga meneruskan, pengadaan vaksin itu diperkuat oleh Rancangan Peraturan Presiden (Perpres). Isinya, jelas dia, tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi.

Peraturan itu, lanjut dia, secara lengkap, mengatur proses pengadaan, pembelian, dan distribusi vaksin. Selain itu, sambungnya, juga mengatur pelaksanaan vaksinasi atau pemberian imunisasi.

"Tahap penyelesaian berikutnya, yaitu mengatur protokol pelaksanaan vaksinasi. Sebagai koordinator, Kementerian Kesehatan, menyiapkan road map Rencana Nasional Pelaksanaan Pemberian Imunisasi COVID-19," papar Airlangga, Jumat (18/9/2020).

Dia menjelaskan, secara rinci dan lengkap, roadmap ini mengatur pelaksanaan vaksinasi, termasuk dalam hal mempersiapkan timeline dan tahap pemberian imunisasi. "Rencananya, penyelesaian dan pelaporan roadmap ini berlangsung pekan depan, yaitu dalam rapat pleno,” tuturnya.

Upaya berikutnya, tambah dia, menyusun Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes). Peraturan ini, terang dia, merupakan turunan Perpres Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi.

Isinya, ungkapnya, mengatur penetapan jumlah dan jenis vaksin. Kemudian, sambung dia, berkenaan dengan pengadaan dan pembelian vaksin, termasuk menetapkan kriteria dan prioritas, baik penerima maupun prioritas wilayah serta petunjuk teknis vaksinasi.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar