Selama Pandemi, Pembuatan Paspor Berkurang Drastis

selama-pandemi-pembuatan-paspor-berkurang-drastis Di Banten, akibat pandmei, pembuatan paspor berkurang drastis.. (antaranews.com)

PINDAINEWS -- Tidak bisa kita pungkiri, merebaknya wabah Covid-19 berdampak pada berbagai hal dan aktivitas. Buktinya, beragam sektor mengalami kendala. Kondisi itu pun terjadi dalam hal pembuatan paspor. 

Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara mewartakan, selama terjadinya pandemi Covid-19, khusus di Banten, sejak Maret 2020, pembuatan paspor berkurang drastis.

Petugas Kantor Imigrasi Kelas I Serang, Selasa (29/9/2020), menuturkan, dalam kondisi normal, pengajuan pembuatan paspor, baik yang baru maupun pembuatan buku baru, rata-rata, sebanyak 100 pemohon. Akan tetapi, sejak terjadinya pandemi Covid-19, berkurang sangat signifikan, yaitu sekitar 90 persen.

Secara rata-rata, pada masa pandemi Covid-19, pembuatan paspor di Banten, sekitar 8-10 pemohon per hari. Jika rata-rata per bulan, dalam kondisi normal, pengajuan pembuatan paspor baru di Banten sekitar 2.500 pemohon. Akan tetapi, sejak pandemi terjadi, jumlahnya hanya 200-230 pemohon per bulan.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar