Bandung Tidak Masuk Zona Merah Covid-19, Kini Statusnya Oranye

bandung-tidak-masuk-zona-merah-covid-19-kini-statusnya-oranye Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.. (antaranews.com)

PINDAINEWS, Bandung -- Pada masa pandemi Covid-19, publik Kota Bandung patut bersyukur. Pasalnya, berdasarkan data perkembangan Covid-19 yang dirilis Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar belum lama ini, Kota Kembang tidak masuk Red Zone Covid-19.

Melansir Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, menyatakan, mengacu pada perkembangan Covid-19, di Tatar Pasundan, pekan ini, terdapat tiga kota-kabupaten yang berstatus zona merah.

"Untuk pertama kalinya, di Jabar hanya terdapat tiga daerah berstatus zona merah. Sebelumnya, terdapat 5-7 daerah berstatus itu (zoba merah)," tandas Emil, sapaan akrabny mantan Wali Kota Bandung itu.

Emil mengemukakan, ketiga daerah di Jabar berstatus zona merah itu yakni Kabupaten Karawang, Kuningan, dan Kabupaten Bekasi. Dia menjelaskan, Kabupaten Karawang berstatus zona merah karena di kawasan itu terdapat klaster industri dan rumah tangga.

Lalu, lanjutnya, di Kabupaten Kuningan terdapat klaster pesantren. Sedangkan status zona merah Kabupaten Bekasi, sambungnya, karena kasus di daerah itu masih tergolong tinggi.

Khusus Bogor-Depok-Bekasi (Bodebek), jelas Emil, pihaknya segera melakukan koordinasi berkenaan dengan penetapan kebijakannya. Itu karena, terangnya, adanya pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi oleh Pemprov Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta.

Berbicara tentang kawasan Bandung Raya, Emil menjelaskan, saat ini, wilayah itu tidak lagi berstatus zona merah. Khusus Kota Bandung, Emil mengutarakan, kota berjuluk Parisj van Java itu berstatus zona oranye. Tidak hanya Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pun statusnya sama, zona oranye.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar