Waspada, Efek La Nina Bisa Terpa Seluruh Jawa

waspada-efek-la-nina-bisa-terpa-seluruh-jawa Waspada, seluruh Jawa bisa terdampak La Nina.. (antaranews.com)

PINDAINEWS -- Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya curah hujan tinggi, bahkan melebihi ambang batas kewajaran. Satu di antaranya, disebabkan La Nina.

Kepada Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, usai rapat terbatas yang dipimpin Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, di Istana Merdeka, Selasa (13/10/2020), Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, mengemukakan, pihaknya memperkirakan, dampak La Nina tidak mencapai Sumatera. 

Akan tetapi, sambung dia, efeknya bisa teraasa di berbagai wilayah Indonesia lainnya. "Periode Oktober-November 2020, hampir seluruh wilayah Indonesia terdampak La Nina, kecuali Sumatera dan Papua bagian timur,” tandasnya.

Karenanya, daerah-daerah selain Sumatera dan bagian timur Papua harus mewaspadai efek meningkatnya curah hujan. Itu terjadi, ucapnya, sebagai dampak La Nina, yang perkiraannya, terjadi hingga Desember 2020. 

Dia menjelaskan, khusus kawasan Jawa-Nusa Tenggara, termasuk Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Kalimantan Tengah, Maluku, dan Papua Barat, wajib menjadi prioritas perhatian. Penyebabnya, ulang Dwikora, kemungkinan besar, daerah-daerah itu terkena dampak La Nina.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar