Hampir 27,5 Persen Daerah Alami Curah Hujan Lebihi Batas Normal

hampir-275-persen-daerah-alami-curah-hujan-lebihi-batas-normal Curah hujan tinggi bisa akibatkan banjir.. (antaranews.com)

PINDAINEWS -- Masyarakat di berbagai daerah Indonesia patut waspada mengingat musim hujan mulai berlangsung. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, sekitar 27,5 persen wilayah Indonesia mengalami keadaan curah hujan melebihi normal.

Prediksinya, itu terjadi pada akhir 2020 ini atau selama periode musim hujan. Melansir Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, usai rapat terbatas yang dipimpin Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, di Istana Merdeka, Selasa (13/10/2020), mengemukakan, beberapa daerah yang curah hujannya melebihi batas normal yaitu kawasan Sumatera.

"Antara lain, Lampung, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, sebagian Bengkulu, Riau, sebagian Sumatera Utara, dan sebagian Aceh,” tandasnya.

Dwikorita menyebut curah hujan melebihi batas kewajaran ini memang kerap terjadi di kawasan Sematera. Itu karena, jelasnya, berdasarkan kondisi topografi lokal. Melihat kondisi itu, Dwikorita menyatakan, tingginya curah hujan di kawasan barat Indonesia itu perlu diwaspadai berbagai pihak.

Namun, Dwikorita menegaskan, tingginya curah hujan di Sumatera itu bukan karena fenomena La Nina. Dia menjelaskan, La Nina merupakan fenomena alam yang terjadi karena meningkatnya suhu permukaan Samudera Pasifik timur dan tengah.

Kondisi itu, terangnya, menyebabkan suhu kelembaban pada atmosfer di atas perairan meningkat. Akibatnya, terjadi pembentukan awan sehingga curat hujan di kawasan itu meningkat.

BACA JUGA : 


Waspada, Efek La Nina Bisa Terpa Seluruh Jawa



Editor: Erwin Adriansyah

Komentar