Pemprov Jabar Dukung Pengembangan Budi Daya Umbi Porang

pemprov-jabar-dukung-pengembangan-budi-daya-umbi-porang Pemprov Jabar dukung pengembangan umbi porang.. (antaranews.com)

PINDAINEWS, Bandung -- Sejak dahulu hingga kini, Jabar memiliki potensi agro yang luar biasa. Di antaranya, hasil umbi-umbian porang.

Potensi itu membuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar mendukung pengembangan budi daya umbi porang. "Ini sebagai bagian upaya kami memperkuat sektor pertanian pada masa pandemi Covid-19," tandas Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jabar, Setiawan Wangsaatmaja, kepada Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Rabu (14/10/2020).

Putera mantan Wali Kota Bandung, Husen Wangsaatmaja, ini berpendapat, umbi porang merupakan komoditas yang menjanjikan. Dia berpendapat, peluangnya tidak hanya sebagai komoditas ekspor. Namun, sambung dia, umbi porang pun bernilai jual tinggi. 

Dahulu, jelasnya, banyak yang menganggap umbi porang ini sebagai makanan ular. Akan tetapi, dalam perkembangannya, anggapan itu tidak berlaku lagi.

Iwan, sapaan akrabnya, mengatakan, hal ini menjadi peluang Jabar mengembangkan porang. Terlebih, sambung dia, Jabar masih memiliki banyak lahan subur yang bisa termanfaatkan untuk menanam umbi porang.

Di antara beragam sektor, jelasnya, pertanian merupakan salah satu yang mampu bertahan pada masa pandemi Covid-19. Terbukti, tuturnya, saat hampir seluruh sektor terhantam Covid-19, pertanian justru mencatat hasil positif. "Kondisi ini yang seharusnya kita manfaatkan secara maksimal," cetusnya.

Iwan berpendapat, ada sejumlah faktor yang membuat pertanian bertahan pada masa pandemi. Pertama, jelasnya, aktivitas pertanian masih bergulir secara baik meski adanya penerapan protokol kesehatan secara ketat. "Lalu, kebutuhan pangan pun masih besar," tutupnya.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar