Penanganan Covid-19 Tidak Bisa Secara Parsial

penanganan-covid-19-tidak-bisa-secara-parsial Ridwan Kamil, Gubernur Jabar.. (antaranews.com)

PINDAINEWS -- Berbeda dengan penanganan sejumlah permasalahan, mengatasi pandemi Covid-19 tidak bisa secara parsial. Penanganannya harus melibatkan berbagai elemen masyarakat.

"Jadi, butuh peran aktif seluruh elemen masyarakat, termasuk tokoh agama, untuk menangani wabah Covid-19," tandas Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, dilansir Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, saat rapat koordinasi bersama tokoh agama dan masyarakat melalui aplikasi Zoom, belum lama ini.

Melihat kondisi itu, Emil, sapaan akrabnya mengajak seluruh elemen masyarakat, tidak terkecuali tokoh masyarakat dan agama, supaya turut berperan aktif menanggulangi Covid-19. Di antaranya, membantu sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat.

Itu, jelas mantan Wali Kota Bandung ini, sebagai upaya mencegah sekaligus memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Selaini itu, lanjutnya, juga sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan disiplin masyarakat dalam menaati protokol kesehatan, yang hingga kini, masih belum maksimal.

Peran serta para tokoh agama dan masyarakat ini pun, sambungnya, sebaiknya turut mengawasi kondisi dan perkembangan lingkungan setempatnya. "Jika di lingkungannya terdapat warga yang reaktif atau positif, meski tanpa gejala, para tokoh ini menganjurkan, bahkan meminta warganya untuk melakukan isolasi. Hal ini, lanjutnya, sebagai upaya meminimalisir terjadinya klaster keluarga," urai Emil.

BACA JUGA : 


Topang Penanganan Covid-19, Jabar Rekrut Relawan Medis


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar