Geopark Gunung Sewu Diharapkan Dongkrak Potensi Wisata Gunung Kidul

geopark-gunung-sewu-diharapkan-dongkrak-potensi-wisata-gunung-kidul geopark Gunung Sewu. (antaranews.com)

PINDAINEWS. -- Rencana pengembangan Geopark Gunung Sewu di wilayah Gunung Kidul mendapat respon positif dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas. Dukungan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Bappenas RI Himawan Hariyoga Djojokusumo di Gunung Kidul.

"Pengembangan geopark sebagai destinasi wisata di Indonesia tergolong rendah dibandingkan negara lain. Di Malaysia hanya mempunyai satu situs geopark tapi dikunjungi 4 juta wisatawan mancanegara, sedangkan Indonesia memiliki lima situs tapi angka kunjungannya di bawah 5 juta." Ujar Himawan seperti dikutip dari LKBN Antara belum lama ini.

Tentunya kami sangat berharap, pengembangan Geopark Sewu bisa lebih ditingkatkan. Salah satunya dengan cara menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, mulai dari pemerintahan, BUMN, hingga swasta. Apalagi, Geopark Sewu sudah masuk prioritas nasional, jadi ada targetpembangunan yang harus dicapai. 

"Dari lima situs geopark ini adalah yang tercatat dalam UNESCO Global Geopark, salah satunya adalah Geopark Sewu." Ujarnya.

Secara keseluruhan, Ungkapnya, Indonesia memiliki 19 situs Geopark yang sudah diakui secara nasional. Harapannya, Gunung Sewu sebagai UNESCO Global Geopark mampu mendongkrak sektor pariwisata dan menjadi daya ungkit pertumbuhan ekonomi di Gunung Kidul.


Editor: DARMO SURYO

Komentar