Rossi Masih Absen Pekan Depan, Lorenzo Batal (Lagi) Tampil

rossi-masih-absen-pekan-depan-lorenzo-batal-lagi-tampil Jorge Lorenzo batal tampil lagi pekan depan.. (antaranews.com)

PINDAINEWS -- Jawara MotoGP tiga kali, Jorge Lorenzo, yang kini menjadi test rider Yamaha, harus mengubur lagi mimpinya berlaga pada ajang MotoGP. Padahal, peluang X-Fuera tampil cukup terbuka.

Pasalnya, The Living Legend asal Italia, Valentino Rossi, absen pada MotoGP Seri Teruel di Sirkuit MotorLand Aragon, Spanyol, 23-25 Oktober 2020. Selain itu, Lorenzo pun memiliki fasilitas Wild Card, yang memungkinkannya tampil lagi, meski beberapa waktu lalu memutuskan pensiun.

Diwartakan berbagai sumber, batalnya Lorenzo tampil karena Yamaha memutuskan untuk tidak menampilkan pebalap pengganti Rossi. Putusan tidak menghadirkan rider pengganti itu karena tekanan tinggi para anggota proyek Yamaha MotoGP, yang tidak ingin bebannya bertambah pada masa pandemi Covid-19.

Dasar lainnya, mengacu pada Regulasi Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) pada pentas Grand Prix. Isinya, seluruh tim harus melakukan semua usaha realistis guna menyediakan rider pengganti yang layak dalam 10 hari sejak absennya rider utama.

Abesnnya Rossi pada MotoGP Teruel pun mengacu pada hukum Italia. Dekrit Presiden Dewan Kementerian Italia menyatakan, siapa pun yang positif Covid-19 harus menjalani isolasi mandiri selama 10 hari usai tes medis. Karenanya, Rossi tidak memiliki izin menghadiri Seri Teruel. Hukum ini menyatakan, 

Yamaha menyatakan, Rossi harus menjalani tes Polymerase Chain Reaction (PCR) usai melakoni masa isolasi. Meski demikian, tim berlogo Garpu Tala berharap The Doctor beraksi lagi saat MotoGP bergulir di Sirkuit Ricardo Tormo, 6-8 November 2020.

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar