Tim Putri Catur Indonesia Tempati Posisi 2 Piala Asia

tim-putri-catur-indonesia-tempati-posisi-2-piala-asia Ilustrasi catur. (Net)
PINDAINEWS-- Tim catur putri Indonesia harus puas berada di peringkat kedua setelah di babak kejuaraan catur daring Piala Asia, Minggu (25/10/2020) kalah dari unggulan pertama India 2-6 (1-3 dan 1-3).

Dalam pertandingan itu, India memang berada di atas kertas. Indiammenurunkan dua pecatur andalannya bergelar Master Internasional (IM) dan dua pecatur bergelar Grand Master Wanita (WGM). Sedanhkan Indonesia hanya mengandalkan IM Irine Kharisma Sukandar dan IM Medina Warda Aulia.

"Cuma Irene di meja satu yg mampu membukukan sekali seri dan sekali menang atas WGM Vaishali R. Sementara Medina yg unggul mutlak di partai pertama membuat blunder dan akhirnya kalah 0-2," kata Kristianus kapten tim catur putri Indonesia.

Kekalahan itu dinilai Kristianus akibat lemahnya mental timnya. Hal ini menjadi salah satu kelemahan para pecatur putri Indonesia yang menghadapi pecatur-pecatur India dengan level permainan tingkat atas di Asia bahkan di dunia.

"Hal yang sama didapat Chelsie yang tidak berhasil keluar dari tekanan mentalnya. Tampak jelas dari dua partainya, Chelsie tidak berkembang permainan nya. Pasif dan tidak ulet," kata Kristianus tentang penampilan buruk Chelsie yang tadinya diharapkan bisa membuat kejutan karena pada babak perempat final dan semi final, pecatur papan tiga ini menjadi kunci kemenangan tim Indonesia.

"Sementara Dita menyumbangkan setengah poin hasil remis sekali dan kalah sekali," kata Kristianus.

Walaupun gagal meraih gelar juara, tim catur putri Indonesia sudah jauh melampau target PB Percasi yang hanya berharap Irine dkk. lolos ke perempat final.
Editor: Pesa S

Komentar