Bulog Kebut Pembangunan Gudang di Garut

bulog-kebut-pembangunan-gudang-di-garut Perum Bulog kebut pembangunan gudang beras di Garut.. (Dok PINDAINEWS)

PINDAINEWS -- Salah satu faktor penting dalam menunjang kesejahteraan masyarakat yaitu stabilitas pangan. Karenanya, berbagai agenda dan sejumlah rencana disusun serta disiapkan lembaga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor pangan, Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog).

Satu di antaranya, membangun gudang berskala nasional yang berlokasi di Kabupaten Garut, tepatnya, Desa Sukasemang Kecamatan Banyuresmi. 

Melansir Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Perum Bulog mempercepat proses pembangunan  gudang beras level nasional di Garut itu.

"Gudang ini untuk menyerap produksi beras dan jagung, tidak hanya asal Garut, tetapi juga daerah lainnya," tandas Direktur Bisnis Perum Bulog, Febby Novita, usai bertemu Bupati Garut, Rudy Gunawan, di Pendopo Buati Garut, Selasa (27/10/2020).

Febby menilai Garut merupakan lokasi yang tepat untuk membangun gudang beras berskala nasional. Gudang itu, lanjut dia, bisa menyerap hasil pertanian, berupa padi, jagung, dan komoditas pangan lainnya. 

Dia berpendapat, Kabupaten Garut punya potensi besar dalam hal produksi beras dan jagung. Potensinya, sebut dia, sekitar 800 ribu ton beras dan 500 ribu ton jagung.

Guna merealisasikan dan mempercepat pembangunannya, Febby mengutarakan, pihaknya menempuh berbagai tahap. "Kami harap, segalanya berlangsung lancar sehingga pembangunannya (gudang beras) bisa segera terselesaikan," ucapnya.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengaskan, pihaknya senantiasa mendukung program-program pemerintah pusat, termasuk pada sektor pangan. Sebagai bukti, tuturnya, pihaknya menghibahkan lahan kepada Perum Bulog untuk membangun gudang beras berlevel nasional.

Akan tetapi, aku Rudy, ada beberapa hal yang masih menjadi kendala, utamanya, berkenaan dengan adimistrasi status tanah. Hingga kini, ujar Rudy, kepemilikan lahan untuk pembangunan gudang itu, masih oleh Pemerintah Desa Sukasemang. Walau demikian, Rudy optimits, masalah itu bisa segera terselesaikan. 


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar