Cegah Vaksin Palsu, Bio Farma Sematkan Teknologi 2D Data Matriks

cegah-vaksin-palsu-bio-farma-sematkan-teknologi-2d-data-matriks ilustrasi teknologi 2d Data Matriks. (antaranews.com)

PINDAINEWS.-- Berbagai upaya terus dilakukan oleh PT Bio Farma guna melindungi vaksin Covid-19 dari duplikasi maupun pemalsuan. Satu diantaranya dengan menyematkan dua dimensi (2D) data matriks berstandar GS1.

Menurut Kepala Divisi Unit Klinik dan Imunisasi Bio Farma Mahsun Muhammadi, dua dimensi data matriks ini akan ditempel sehingga dapat dengan mudah untuk pendektesian guna menghindari pemalsuan maupun duplikasi.

"Awal 2021 sudah dilengkapi dengan 2D data matriks yang memuat kode serialisasi yang dibuat secara acak untuk menghindari duplikasi dan pemalsuan" ujar Mahsun seperti dikutip dari LKBN Antara. Rabu 28 Oktober 2020.

Sedangkan untuk pengemasannya, tegas Mahsun, dilakukan sedemikian rupa sesuai standar untuk menjamin kualitas vaksin tetap baik sampai di lokasi pengiriman.

"Di box-nya kami siapkan dengan standar GS1, jadi ada kode seri tersendiri sehingga ini menghindari duplikasi agar bisa di-'tracking' (dilacak) semuanya," Tegasnya.

Mahsun menambahkan, pihaknya juga sudah menyiapkan aplikasi Bio Tracking untuk pengecekan keaslian produk vaksin Bio Farma.

Bio Tracking ini, jelasnya, merupakan aplikasi portabel atau bisa digunakan pada telepon pintar yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mengetahui keaslian dan informasi produk.

"Kami menyiapkan namanya Bio Tracking, posisi GPS, temperaturnya juga kita cek, ada sensor di pintunya, juga check pointnya, alur jalannya juga bisa kita deteksi, di konsumen akhir ini dengan handphone nanti bisa di deteksi dengan barcoding tertentu dengan dua dimensi data matrix," Tandasnya.


Editor: DARMO SURYO

Komentar