KBRI London Dorong Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Internasional

kbri-london-dorong-bahasa-indonesia-jadi-bahasa-internasional ilustrasi kegiatan KBRI London. (antaranews.com)

PINDAINEWS.--  Sejumlah upaya tengah dilakukan oleh pemerintah agar Bahasa Indonesia bisa menjadi bahasa Internasional. Hal tersebut terkait erat dengan dengan pengembangan kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA), baik di dalam maupun di luar negeri.

"Kami tengah mengadakan riset terkait dengan hal tersebut" ujar Counsellor Pensosbud KBRI London Hartyo Harkomoyo. Dikutip dari LKBN Antara. Kamis 29 Oktober 2020. 

KBRI London, ujarnya, September lalu sudah melakukan survei pemetaan calon pemelajar bahasa Indonesia di Inggris Raya dan Republik Irlandia. Survei dilakukan diaspora peneliti Universitas of London (SOAS), Dorothy Ferari, Mayoritas kursus BIPA diadakan di London, seperti di KBRI London, SOAS, Royal Botanical Garden, Kew, dan Foreign Commonwealth & Development Office (FCDO).

"Selain itu kami  juga pernah mengadakan kelas ekstrakurikuler di dua sekolah, yaitu di Whitefield School dan St. Matthews C.E Primary School." Terangnya.

Hartyo Harkomoyo menuturkan dengan memandang tingginya animo masyarakat terhadap pembelajaran BIPA, KBRI London bekerja sama dengan SOAS Language Centre memberikan kursus BIPA tidak berbayar kepada responden survei terpilih.

"Kami juga memulai kelas daring bahasa Indonesia melalui akun YouTube KBRI London. Video singkat berdurasi sekitar delapan menit diunggah setiap hari Sabtu pukul 13:00" Jelasnya.

Untuk bulan November, KBRI London akan mengunggah materi video untuk kelas madya. Untuk kelas mahir, video akan diunggah pada akhir November hingga Desember.

"Semua usaha ini adalah bentuk nyata dari kesungguhan KBRI London dalam mendukung upaya pemerintah menjadikan bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional." tandasnya.


Editor: DARMO SURYO

Komentar