Gara-Gara Foto, Ralph Lauren di Gugat Super Model Rusia Rp281 Miliar

gara-gara-foto-ralph-lauren-di-gugat-super-model-rusia-rp281-miliar Duh Gara-Gara Foto, Ralph Lauren di Gugat Super Model Rusia Rp281 Miliar. (antaranews.com)

PINDAINEWS.-- Hati - hati mengambil foto dari dunia maya, karena bisa saja foto tersebut memiliki hak cipta dan bisa berbuntut panjang bahkan hingga ke pengadilan seperti yang di alalami oleh Ralph Lauren Corp dan HBO.

Keduanya menghadapi gugutan dari supermodel asal Rusia Anastassia Khozissova dengan nilai gugatan mencapai Rp281 Miliar atau 20 juta dolar Amerika Serikat karena menggunakan foto-foto super model tersebut secara tidak sah.

Dilansir dari LKBN Antara, Khozissova, menuturkan jika pada tahun 2004 Ralph Lauren sendiri telah mendekatinya untuk menjadi inspirasi bagi sejumlah koleksinya, termasuk buku "Diary of a Collection" yang menampilkan sejumlah foto pribadi yang intim.

"Kecantikan Nona Khozissova hanya diimbangi oleh bakatnya yang luar biasa," kata Michel Botbol, ​​Wakil Presiden Senior dan Direktur Kreatif untuk pakaian wanita Ralph Lauren Corp.,

Kemudia pada tahun 2014, model tersebut menemukan "skema penipuan yang rumit dalam Ralph Lauren Corp. sehingga dirinya dipecat dan menderita, termasuk kurang tidur, depresi, dan krisis karier yang parah, sebagaimana tertulis dalam gugatan tersebut.

Ralph Lauren kemudian terus menggunakan foto Khozissova dan ditampilkan dalam film dokumenter HBO "Very Ralph", yang disiarkan di layanan streaming dan internet.

Foto-fotonya dapat dilihat di toko Ralph Lauren di Moskow, Rusia dan Polo Bar 1 di Upper East Side, New York, Amerika Serikat.

Model tersebut mengaku belum diberi kompensasi atas penggunaan foto-fotonya tersebut. Dia mengatakan Ralph Lauren Corp. dan HBO menggunakan foto, gambar, film, dan kemiripan lainnya tanpa persetujuan tertulis darinya, hingga akhirnya mengajukan gugatan atas kejadian tersebut.

Editor: DARMO SURYO

Komentar