Antisipasi Virus COVID- 19 Sekolah Diminta Siapkan Fasilitas Skrining

antisipasi-virus-covid-19-sekolah-diminta-siapkan-fasilitas-skrining Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Doni Monardo. (antaranews.com)
PINDAINEWS-- Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Doni Monardo meminta pemerintah daerah agar menyiapkan fasilitas skrining di setiap sekolah yang akan melaksanakan proses belajar mengajar tatap muka pada tahun ajaran 2020/2021. Hal ini dikatakan Monardo untuk mengantisipasi penularan virus corona kepada anak-anak yang mulai masuk sekolah.

"Karena bisa jadi anak didik yang awalnya berangkat dari rumah sehat, namun di tengah jalan bisa jadi bertemu dengan teman dan mengajak bermain ke daerah yang punya risiko tinggi," katanya saat diskusi daring terkait Pengumuman Keputusan Bersama panduan penyelenggaraan pembelajaran pada semester genap tahun ajaran tahun ajaran dan tahun akademik 2020/2021 di masa pandemi COVID-19 yang dipantau di Jakarta, Jumat (20/11/2020) dikutip LKBN.Antara.

Doni mengingatkan kepada semua pihak terutama orangtua dan masyarakat agar bisa mengontrol serta memastikan peserta didik benar-benar menuju sekolah tanpa singgah di tempat lain. Agar anak bisa terhindar dari penyebaran virus COVID - 19.

"Masyarakat yang melihat anak didik menggunakan seragam sekolah dan berada di tempat publik mohon ini juga diingatkan," ujarnya.

Lebih lanjut Doni memaparkan hal itu penting sekali. Sebab, bisa saja para pelajar ketika berada di suatu tempat telah terpapar virus, namun tidak bergejala.Saat mereka kembali sekolah atau ke rumah masing-masing menularkan pada orang lain.

"Apalagi, di dalam lingkungan keluarga tersebut terdapat lansia dan penderita komorbiditas atau penyakit penyerta sehingga rentan sekali tertular COVID-19," paparnya.

Doni menambahlan, tidak hanya peran keluarga, masyarakat, penyelenggara pendidikan dan pemerintah daerah, Doni juga meminta kontrol sosial dari media massa dalam penerapan surat keputusan bersama empat menteri terkait panduan penyelenggaraan pembelajaran. Manakala ada penyimpangan atau hal-hal yang membahayakan keamanan dan keselamatan kesehatan peserta didik, maka Satgas Penanganan COVID-19 segera melakukan evaluasi kebijakan tersebut.

"Mungkin menutup kembali sementara hingga kondisinya menjadi lebih baik lagi," pungkasnya.

Editor: Pesa S

Komentar