Ini Alasan Inggris Ajak Indonesia dalam Recolusi Industri Hijau

ini-alasan-inggris-ajak-indonesia-dalam-recolusi-industri-hijau Ini Alasan Inggris Ajak Indonesia dalam Recolusi Industri Hijau. (antaranews.com)

PINDAINEWS.-- Kerajaan Inggris Raya mengajak pemerintah indonesia untuk ikut perpartisipasi dalam gerakan Revolusi Industri Hijau. Hal ini bertujuan untuk menjalankan perekonomian yang ramah lingkungan demi menanggulangi krisis perubahan iklim.

"Pemulihan planet dan ekonomi kita dapat dan harus berjalan seiringan. Ini adalah tantangan global bersama, setiap negara di dunia perlu mengambil tindakan untuk mengamankan masa depan planet ini bagi anak, cucu, dan generasi kita yang akan datang," Ujar Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dikutip dari LKBN Antara, Jumat (20/11/2020)

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins, mengatakan untuk bisa pulih dari pandemi, negara-negara dunia saat ini dihadapkan pada pilihan menggunakan teknologi dan cara lama atau mengadopsi cara baru rendah karbon yang berorientasi masa depan.

"Di tengah resesi, Inggris memilih jalur yang terbaik untuk pekerjaan dan pertumbuhan, yaitu membuat investasi hijau. kami siap bekerja sama dengan Indonesia mengenai solusi terbaik untuk melakukan hal yang sama di sini, yaitu melalui program-program kami, contohnya Matahari," Ujarnya.

Dalam menjalankan revolusi hijau, Johnson menjabarkan sepuluh poin yang akan dilakukan Inggris yakni aspek energi bersih, transportasi hijau, teknologi inovatif, hingga penciptaan 250.000 lapangan pekerjaan baru. 

Untuk kendaraan listrik, sebagai contoh, Inggris menetapkan target untuk mengakhiri penjualan mobil dan van baru berbahan bakar bensin dan diesel pada tahun 2030, serta membatasi kendaraan hibrida pada tahun 2035, demi mengubah infrastruktur nasional yang mendukung penggunaan kendaraan listrik.

"Jakarta telah menguji coba bus listrik, sebagian didanai oleh Pemerintah Kerajaan Inggris Raya, dan Indonesia memiliki simpanan nikel mentah terbesar di dunia. sebuah peluang besar, karena nikel adalah komponen kunci untuk baterai yang digunakan mobil listrik." Tandasnya.

Editor: DARMO SURYO

Komentar