Kantungi Lisensi AFC, Persib Resmi Berstatus Klub Profesional

kantungi-lisensi-afc-persib-resmi-berstatus-klub-profesional Persib kantungi lisensi AFC.. (antaranews.com)

PINDAINEWS -- Agar sebuah memiliki standar regulisasi versi The Asian Football Confederation (AFC), klub-klub Liga 1 Indonesia mengikuti verifikasi. Namun, di antara klub-klub itu, hanya enam klub yang berhaka mengantungi lisensi AFC.

Adalah klub elit kebanggaan Jabar dan publik Kota Bandung, Persib, satu di antaranya. Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara mewartakan, selain Persib, lima klub lain yang berstatus granted alias lolos tanpa syarat dan berhak memiliki lisensi AFC, yakni Bali United, Persipura, Bhayangkara FC, dan Arema FC.

Berbeda dengan 2019. Tahun lalu, Persija, Persebaya, dan PSM Makassar berhak atas lisensi AFC. Namun, kali ini, tiga klub itu tidak lolos verikasi. Sedangkan Persib, tahun lalu, Pangeran Biru pun memiliki AFFC Club Licencing Cycle.

Enam klub yang meraih lisensi AFC pada tahun lalu. taitu, Persija, Arema FC, Persebaya, Persipura Jayapura, Persib, dan PSM Makassar.

Melalui laman resminya, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen)  Pengurus Besar Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PB PSSI), Yunus Nusi, menyatakan, AFC Club Licensing Cycle merupakan suatu proses standardisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepak bola profesional versi AFC.

Dalam beberapa waktu mendatang, otoritas sepak bola di Indonesia ini menyiapkan National Club Licensing (lisensi nasional). "Lisensi Nasional itu kami terapkan pada Liga 1 dan Liga 2," tandasnya.

Ada lima kriteria penilaian, terangnya, yang menjadi penentu kelayakan status profesional sebuah klub. Cakupannya, jeloas dia, kriteria olahraga, infrastruktur, personel dan administrasi, legal, serta finansial.

Selain berstatus klub profesional, AFC Club Licensing juga berfungsi sebagai syarat klub berpartisipasi pada kompetisi resmi AFC, seperti AFC Champions League dan AFC Cup.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar