Dalam Dua Menit, Gempa Guncang Yogyakarta dan Jembrana

dalam-dua-menit-gempa-guncang-yogyakarta-dan-jembrana . (antaranews.com)

PINDAINEWS --  Bencana alam, seperti gempa bumi, bisa terjadi kapan dan di mana saja. Seperti yang dialami dua daerah berbeda, yaitu Gunung Kidul Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta dan Jembrana Bali.

Diwartakan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, Selasa (24/11/2020) dinihari, pukul 00.06 WIB, gempa bumi bermagnitudo 4,2 mengguncang Gunung Kidul. Dua menit berikutnya, yakni pukul 00.08, gempa bermagnitudo 4.1 menggoyang Jembrana Bali.

Pusat gempa yang melanda Gunung Kidul berada di dasar lain, yakni 81 kilometer barat daya. Gempa itu berada pada titik koordinat 8.72 Lintang Selatan dan 110.59 Bujur Timur itu terjadi pada kedalaman 24 kilometer. BMKG mencatat getaran gempa itu terasakan di beberapa kabupaten sekitar. Yaitu Pacitan, Trenggalek, dan Bantul.

Sedangkan gempa Jembrana, yang getarannya terasa di Badung, titik gempa yaitu di dasar laut, yakni kedalaman 78 kilometer. Titik itu berjarak 67 kilometer barat daya Jembrana. Titik koordinat gempa Jembrana yakni 8.95 Lintang Selatan dan 114.53 Bujur Timur. 

Hingga kini, belum ada pelaporan tentang ada tidaknya kerusakan atau korban, baik luka-luka maupun tewas. 


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar