Bangun Rebana Metropolitan, Ridwan Kamil Ingin REI Terlibat

bangun-rebana-metropolitan-ridwan-kamil-ingin-rei-terlibat Perumahan yang dibangun REI.. (antaranews.com)

PINDAINEWS, Bandung -- Kehadiran sarana infrastruktur, termasuk kawasan ekonomi baru, menjadi agenda yang dicetuskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar. Adalah program pembangunan Rebana Metropolitan agenda tersebut.

Saat berlangsungnya West Java Investment Summit (WJIS) 2020 beberapa waktu lalu, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, menegaskan, agar rencana pembangunan Rebana Metropolitan, yang mencakup beberapa kota-kabupaten, yakni Kabupaten Kuningan, Kabupaten Subang, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Indramyau, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Cirebon, dan Kota Cirebon, perlu sinergi yang harmonis.

Karenanya, Ridwan Kamil mengajak Dewan Pengurus Daerah Realestat Indonesia (DPD REI) Jabar untuk turut berperan membangun kawasan Rebana Metropolitan.

Melansir Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Emil, sapaan akrabnya, menyatakan, proyeksinya, Rebana Metropolitan menjadi masa depan ekonomi Jabar, yang di dalamnya, terdapat 13 kota baru di sana. Satu di antaranya, Patimban City dan Subang Smartpolitan.

"Konsep Rebana Metropolitan yaitu work, live, and play (bekerja, tinggal, dan bermain) dalam sebuah kawasan, termasuk perumahan yang tidak berjauhan dengan industri," tandas mantan Wali Kota Bandung ini, saat membuka Musyawarah Daerah ke-12 DPD REI Jabar  melalui konferensi video dari Gedung Pakuan, Jalan Oto Iskandardinata Bandung, Selasa (24/11/2020)

Emil berpendapat, membangun rumah dekat yang jaraknya dengan tempat bekerja menguntungkan tiga pihak. Yaitu, sebut dia, pengelola kota industri, REI, dan para pekerja.

“Pengelola kota industri tidak perlu mengeluarkan per kapita bangunanya. Begitu pula REI, tidak perlu mencari lahan karena pengembang kota industri menyesuaikan kebutuhan lahan perumahannya," sahut Emil.

Bagi para pekerja, tambah Emil, peran REI bisa bermanfaat karena organisasi perumahan di tanah air ini membangun kawasan permukiman yang tidak tidak jauh dengan tempat kerja. Jadi, lanjutnya, para pekerja tidak perlu mengeluarkan biaya banyak agar bisa mencapai tempatnya bekerja. "Cukup berjalan kaki atau naik sepeda," tukasnya. 

Pihaknya, tegas Emil, siap menindaklanjuti setiap saran dan usul yang disampaikan DPD REI Jabar, termasuk yang berkenaan dengan perizinan permukiman, secara bertahap.

BACA JUGA : 


Wagub Jabar Bicara Tentang KIEM Rebana Metropolitan


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar