BJB-Kementerian Koordinator Perekonomian Resmi Bersinergi

bjb-kementerian-koordinator-perekonomian-resmi-bersinergi Bank bjb salurkan bantuan pendaaan bagi pelaku UMKM.. (pindainews/ISTIMEWA)

PINDAINEWS, Bandung  -- Menjalin sinergi dan kerja sama merupakan unsur penting dalam memelihara sekaligus meningkatkan performa bisnis sebuah korporasi. Opsi itu pun dilakukan PT Bank Pembangunan Daerah Jabar-Banten Tbk alias bank bjb.

Melalui keterangan resminya, Rabu (25/11/2020), Vice President Corporate Secretary Division bank  bjb, Widi Hartoto, mengemukakan, secara resmi, pihaknya menjalin kerja sama dengan Kementerian Koordinator Perekonomian dan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan.

"Kerja sama itu berupa sinergi program implementasi keuangan inklusif bagi pemuda dan perempuan Kota Tangerang Selatan," tandas Widi Hartoto.

Widi mengemukakan, kerjasama, yang berlangsung di Hotel JHL Solitaire pada iSelasa (24/11/2020) dan dihadiri sejumlah Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Kooridnator Perekonomian, Iskandar Simorangkir, dan Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Kecil-Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian, Agus Tavip, Riyadi, ini sebagai upaya memperluas inklusi keuangan di Kota Tangsel.

Khususnya, lanjut Widi, bagi kalangan pemuda dan perempuan. Melalui kerja sama ini, terangnya, kalangan pemuda dan perempuan  yang memiliki usaha skala mikro, memperoleh pelatihan keterampilan dan dukungan pemberdayaan.

Widi mengemukakan, melalui sinergi dengan Kementerian Koordinator Perekonomian dan Pemerintah Kota tangerang Selatan ini, pihaknya sangat mendukung upaya-upaya pemerkuatan penetrasi inklusi keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat. 

Dia mengatakan, agar potensi ekonomi dan beragam bidang usaha masyarakat lebih optimal, butuh pemahaman tentang seluk-beluk dan cara kerja industri keuangan secara utuh. Hal itu, terangnya, bisa menjadi kontribusi besar bagi perkembangan sebuah daerah.

Dalam kerjasama, yang agendanya juga dihadiri Pemimpin Divisi Kredit Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bank bjb Denny Mulyadi, Pemimpin Kantor Wilayah IV bank bjb, Edi Kurniawan Saputra, Pemimpin bank bjb Kantor Cabang (KC) Tangsel, Ockie Castrena, Yuliawan, dan Ketua Pimpinan Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Tangserang Selatan, Heli Slamet, ini, lanjut Widi, pihaknya menyepakati sejumlah kolaborasi lainnya.

Itu, ungkap dia, tertuang dalam penandatanganan nota kesepahaman dengan pihak DMI Tangsel, serta dengan Yayasan Bani Abbas. Isi kerja sama itu, tuturnya, berkenaan dengan pemanfaatan kartu Anjung Tunai Mandiri (ATM) bank bjb dan company branding kartu santri.

"Kami pun menyalurkan bantuan pembiayaan bagi sejumlah pelaku UMKM. Di antaranya, owner bengkel Auto Mekanika, Tigor Raja Humani Siregar, lalu CEO Gerai Lengkong, Hj, Lista Hurustiati, dan pedagang Pasar Bintaro, Handoko," urainya.

Harapannya, pendanaan ini bisa meningkatkan skala bisnis para pelaku UMKM. Tidak itu saja, tambah dia, pemahaman inklusi keuangan pun bisa membantu pelaku usaha melihat celah pemanfaatan fasilitas keuangan yang tersedia demi mendongkrak kapasitas usaha dengan semangat pertumbuhan berkelanjutan.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar