3.123 personel TNI AD Ambil Bagian dalam Puncak Latihan Tempur

3123-personel-tni-ad-ambil-bagian-dalam-puncak-latihan-tempur 3.123 personel TNI AD Ambil Bagian dalam Puncak Latihan Tempur. (antaranews.com)

PINDAINEWS.-- Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, jadi tempat dilaksanakannya puncak latihan tempur (latpur) TNI Angkatan Darat (AD) yang diikuti sebanyak 3.123 personel TNI AD.

Dilansir dari LKBN Antara, latpur kali ini menampilkan kombinasi dari berbagai kesatuan seperti Kavaleri, Infantri, Armed, Arhanud dan satuan perkuatan lainnya dalam menumpas gangguan dari kelompok musuh lain.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jendral Andhika Perkasa di Baturaja, Kamis, mengatakan

"Dalam giat tersebut beberapa satuan yang terlibat antara lain Satuan Infanteri dari Markas Brigif R-9/2/Kostrad, Yonif R-509/9/2/K, Yonif R-514/9/2/K, Yonif Mekanis R-412/6/2/K. Kemudian Satuan Kavaleri seperti dari Yonkav 8/2/K, Kikav 8/2/K." ujar Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jendral Andhika Perkasa di Baturaja, Kamis (26/11/2020)

Selain itu, ada juga satuan Artileri Medan dari Baterai Armed dari Yonarmed 1/2/K, Yonarmed 11/2/K, dan Yonarmed 12/2/K juga terlibat dalam kegiatan ini.

Menurut KASAD, latihan Puncak Antar Kecabangan TNI AD Kartika Yudha 2020 ini menunjukkan dinamika Brigade Tim Pertempuran dalam operasi serangan.

Para personel TNI menunjukkan berbagai kombinasi manuver yang dilaksanakan seperti penembakan Tank Leopard, penembakan SMB, manuver ranpur, Kerjasama Infanteri Tank, tembakan Heli Apache dengan Hellfire dan Hydra.

"Latihan tempur kali ini sudah jauh lebih baik dari pada tahun-tahun sebelumnya. Tapi memang, masih begitu banyak kekurangan kami, saya harus akui," katanya.

Andhika mengapresiasi kegiatan puncak latihan antar kecabangan yang sudah ditampilkan para Personel TNI AD tersebut karena dinilai sangat memuaskan.

"Para personel ini sudah dapat memberikan yang terbaik dengan mengerahkan seluruh kemampuan yang ada," Tandasnya.

Editor: DARMO SURYO

Komentar