Joan Mir Ingin Segera Jajal Marc Marquez

joan-mir-ingin-segera-jajal-marc-marquez Joan Mir ingin segera jajal Marc Marquez.. (antaranews.com)

PINDAINEWS --  Pentas MotoGP 2020 reesmi berakhir. Rider andalan Suzuki Ecstar, Joan Mir, yang kali ini menjadi jawara sejagat. 

Namun, sebagian kalangan berpendapat, musim 2020 ada yang kurang. Sang jawara dunia MotoGP enam kali, Marc Marquez, yang periode 2016-2019, plus 2013-2014 merajai kelas paling bergengsi arena Moto GP, harus absen.

Itu terjadi karena The Baby Alien cedera parah pada humerus kanannya akibat terjatuh di Sirkuit Jerez Valencia. Saat itu, Marquez, tampil kesetanan. Sempat tercecer pada urutan 18, Marquez melesat hingga akhirnya, terlibat perebutan posisi ketiga dengan Maverick Vinales.

Sayangnya, MM93 mengalami crash mengerikan. RC213V tunggangan andalannya terpental dan berguling-guling sehingga rusak berat. Marquez pun cedera.

Melansir berbagai sumber, sepertinya, ketidakhadiran Marquez selama musim 2020 membuat Mir tidak sabar untuk segera menjajal sang Marquez pada musim depan. Rider berusia 23 tahunini ingin terlibat duel wheel-to-wheel dengan Marquez pada MotoGP 2021. 

Musim depan, Mir sangat berhasrat mempertahankan titel yang tahun ini dia rebut dari Marquez. Demi mengalahkan Marquez, Mir menyatakan, kubunya harus segera berbenah, terutama pada sesi kualifikasi. Selama musim 2020, kualifikasi menjadi titik terlemah Mir dan Suzuki Ecstar. 

Cara lain untuk mengasapi Marquez, yang pada musim 2019, selalu meraih 12 titel juara seri dan 6 posisi finish kedua, Mir menegaskan, musim depan, kubunya harus sering meraih podium. Mir berpendapat, bersama timnya, dia menunjukkan performa yang konsisten. 

Meski demikian, Mir mengakui, berduel dengan Marquez sekaligus mengalahkan The Spaniard berusia 27 tahun itu bukan perkara mudah. Itu karena musim depan, Marquez dan RC213V sangat mungkin lebih bertenaga dan lebih cepat daripada tahun ini. Apalagi, selama 2020, Repsol Honda gagal mempertahankan triple crown yang mereka raih pada 2019.

Syarat lainnya, musim depan, Mir dan timnya tidak boleh melakukan banyak error. Pada seri awal musim ini, Mir gagal masuk finish dalam tiga seri perdana.

Bagi Mir, jika Marquez comeback, tentunya, MM93 menjadi ancaman terbesarnya. Namun, hal itu bukan berarti rider ini mengesampingkan pebalap-pebalap lainnya.

Sebut saja Vinales dan tandemnya, Fabio Quartararo. Lalu duo Ducati Corse, Jack Miller-Francesco Bagnaia, dan lainnya, termasuk tandem anyar Marquez, Pol Espargaro.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar