Waduh, 3 Raksasa Dunia Ini Sepakat Bekukan Aplikasi Parler

waduh-3-raksasa-dunia-ini-sepakat-bekukan-aplikasi-parler Waduh, 3 Raksasa Dunia Ini Sepakat Bekukan Aplikasi Parler. (antaranews.com)

PINDAINEWS.-- Setelah Google dan Apple, kini giliran Amazon menangguhkan aplikasi jejaring sosial Parlel dari platform hosting web-nya.

"Hal tersebut dapat berdampak pada situs jejaring sosialnya yang offline hingga sepekan, karena kami membangun kembali dari awal," ujar CEO Parler, John Matze dikutip dari LKBN Antara. Senin (11/1/2021)

Ia mengatakan, telah mempersiapkan hal semacam itu, dengan tidak mengandalkan infrastruktur milik Amazon. Menurutnya, saat ini banyak kompetitor bersaing dengan Parler, dan menuduh Amazon, Google, dan Apple melakukan serangan terkoordinasi untuk membunuh persaingan. "Kami terlalu cepat suskes," ujarnya.

Sementara itu, Amazon Web Services (AWS), mengatakan kepada para pejabat Parler bahwa kekerasan dalam unggahan di situs itu melanggar persyaratan layanannya, dan tidak percaya Parler dapat mengatasi hal itu.

"Karena Parler tidak dapat mematuhi persyaratan layanan kami dan menimbulkan risiko yang sangat nyata bagi keselamatan publik, kami berencana untuk menangguhkan akun Parler mulai hari Minggu, 10 Januari, pukul 11:59 malam PST," ujar tim keamanan AWS.

Sebelumnya pada Sabtu (9/1), sekelompok karyawan Amazon menuntut perusahaan memutuskan hubungannya dengan Parler dan berhenti menyediakan layanan hosting web ke platform tersebut.

Parler menjadi populer di kalangan pendukung Presiden Trump, karena platform seperti Twitter dan Facebook memperketat kebijakan moderasi mereka.

Editor: DARMO SURYO

Komentar