Punya Kartu Tani, Tapi Petani Indramayu Sulit Peroleh Pupuk Subsidi

punya-kartu-tani-tapi-petani-indramayu-sulit-peroleh-pupuk-subsidi Pupuk subsidi.. (antaranews.com)

PINDAINEWS -- Sebagai upaya meningkatkan produksi pangan, tentunya, ketersediaan pupuk menjadi hal sangat krusial. Ironisnya, di Indramayu, yang merupakan lumbung beras Jabar, para petaninya kesulitan memperoleh pupuk subsidi. Padahal, petani-petani di kawasan Pantai Utara (Pantura) Jabar itu memiliki kartu tani.

Melansir Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Wakil Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Indramayu, Sutatang,  mengemukakan, saat ini, para petani sulit memperoleh pupuk subsidi.

Dia berpendapat, hal itu terjadi karena pemerintah tidak membenahi alokasinya. Karenanya, lanjut dia, setiap memasuki musim tanam,  kelangkaan pupuk subsidi terus terjadi.

Selain itu, kata dia, hingga kini, sistem Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) pupuk subsidi belum maksimal. Kondisi itu, lanjutnya, menyebabkan alokasi pupuk tidak mencukupi kebutuhan. Pasalnya, jelas Sutatang, tidak semua petani terdaftar e-RDKK.

Dia menambahkan, saat ini, kartu tani yang dimiliki para petani pun tidak bisa digunakan, termasuk untuk memperoleh pupuk subsidi. 

"Ada yang punya kartu tani, tapi tidak bisa terlayani kios. Alasannya, tidak tercantum dalam e-RDKK. Padahal mereka berhak memperoleh pupuk subsidi," tutup dia. 


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar