Ada Daerah Rawan di Papua Bagi Penerbangan

ada-daerah-rawan-di-papua-bagi-penerbangan SAM Air terbitkan safety notice.. (antaranews.com)

PINDAINEWS --  Dalam dunia transportasi, keselamatan dan keamanan  menjadi faktor yang sangat vital. Terlebih penerbangan udara. Informasinya, di Papua, terdapat beberapa daerah yang tergolong rawan bagi penerbangan. 

PT Semuwa Aviasi Mandiri (SAM) Air menerbitkan safety notice atau pelarangan terbang untuk rute penerbangan ke beberapa daerah yang termasuk rawan di Papua. Di antaranya Kabupaten Intan Jaya dan sekitarnya.

Kepada Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Manajer Safety PT SAM, Air Bambang Gunawan, di Jayapura, Selasa (12/1/2021),  mengemukakan, penerbitan safety notice itu setelah adanya peristiwa pembakaran pesawat di Kabupaten Intan Jaya.

"Intinya, safety notice berisi pelarangan terbang ke beberapa wilayah Papua yang termasuk zona merah atau rawan," tandasnya.

Bambang menjelaskan, pelarangan terbang itu khusus bagi yang mengoperasikan rute ke Kampung Bugalapa Distrik Biandoga, Distrik Homeyo, dan beberapa tempat lainnya di Kabupaten Intan Jaya.

Meski demikian, tukasnya, beberapa wilayah pedalaman lainnya yang dijaga aparat keamanan dan memiliki jaminan keamanan ATC, pihaknya tetap melayani rute penerbangan.

Karena kondisi keamanan itulah, untuk sementara, tegasnya, pihaknya tidak melayani penerbangan ke wilayah rawan itu. Di wilayah yang tergolong rawan itu, ujarnya, tidak terdapat Air Traffic Controller (ATC) alias pemandu lalu lintas udara. 

Selain itu, sambungnya, penjagaan oleh pihak kemananan pun tergolong masih minim. Akan tetapi, tegas dia, apabila pemerintah atau negara menggaransi keamanan di wilayah itu, pihaknya kembali melayani rute penerbangan ke kawasan tersebut.

Beberapa waktu lalu, terjadi aksi pembakaran pesawat PK MAK milik MAF. Dugaannya, aksi itu dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Intan Jaya.


Editor: Erwin Adriansyah

Komentar