Vaksinasi Bikin Rupiah Digjaya Sore Ini

vaksinasi-bikin-rupiah-digjaya-sore-ini Petang ini, rupiah perkasa 70 poin atau 0,5 persen.. (antaranews.com)

PINDAINEWS -- Mulai bergulirnya agenda vaksinasi Covid-19 berdampak signifikan pada perkembangan rupiah. Pada sesi penutupan transaksi antar-bank, Rabu (13/1/2021) petang, rupiah perkasa 70 poin atau 0,5 persen.

Kini, posisi rupiah yaitu Rp 14.060 per dolar Amerika Serikat (AS) atau sangat mendekati level psikologis, Rp 14.000 per dolar AS. Hari sebelumnya, rupiah berada pada level Rp 14.130 per dolar AS.

Isu tentang vaksinasi pun menyebabkan rupiah perkasa saat pembukaan transaksi yang berlangsung tadi pagi. Saat itu, rupiah kokoh pada posisi Rp 14.090 per dolar AS. Pergerakan rupiah hari ini pada level Rp 14.060-Rp 14.103 per dolar AS.

Penguatan rupiah juga terjadi pada kurs tengah Bank Indonesia (BI), yang hari ini, menunjukkan, posisi rupiah perkasa pada level Rp 14.109 per dolar AS. Posisi rupiah pada hari sebelumnya yakni Rp 14.231 per dolar AS.

Kepada Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi, berpendapat, agenda vaksinasi di Indonesia yang bergulir pagi ini, dan dimulai oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, berdampak luar biasa pada perkembangan rupiah.

Faktor lainnya, sambung dia, ada potensi terus menguatnya ekonomi AS pada paruh kedua tahun ini. Itu terjadi, terangnya, juga seiring dengan bergulirnya program vaksinasi di Negeri Paman Sam. 

Editor: Erwin Adriansyah

Komentar